Peran Kantor Urusan Agama dalam Pembinaan Keluarga Sakinah (Studi Kasus di KUA Kecamatan Cengkareng Kota Jakarta Barat)

Mawaddah, Wiwin (2023) Peran Kantor Urusan Agama dalam Pembinaan Keluarga Sakinah (Studi Kasus di KUA Kecamatan Cengkareng Kota Jakarta Barat). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_HKI_191110118_Cover.pdf

Download (14kB)
[img] Teks
S_HKI_191110118_Lampiran Depan.pdf

Download (367kB)
[img] Teks
S_HKI_191110118_Bab I.pdf

Download (264kB)
[img] Teks
S_HKI_191110118_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (330kB)
[img] Teks
S_HKI_191110118_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (162kB)
[img] Teks
S_HKI_191110118_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (145kB)
[img] Teks
S_HKI_191110118_Bab V.pdf

Download (152kB)
[img] Teks
S_HKI_191110118_Daftar Pustaka.pdf

Download (143kB)

Abstrak

Pernikahan merupakan ikatan yang suci antara dua insan manusia yang memiliki tujuan mulia untuk membentuk keluarga yang sakinah. Namun, fakta yang terjadi pada masyarakat Cengkareng masih terdapat beberapa keluarga yang tidak harmonis. KUA memiliki tugas untuk melaksanakan pembinaan keluarga sakinah, sebagaimana yang diatur dalam KMA No. 3 tahun 1999 tentang Pembinaan Gerakan Keluarga Sakinah. Dalam mengatasi masalah yang mempengaruhi ketidak harmonisan keluarga maka sangat dibutuhkan peran Kantor Urusan Agama untuk membawa kemashlahatan bagi masyarakat. Perumusan masalahnya adalah: 1. Bagaimana upaya pembinaan keluaraga sakinah yang dilaksanakan di Kantor Urusan Agama Kecamatan Cengkareng? 2. Bagaimana efektivitas pembinaan keluarga sakinah yang dilaksanakan di Kantor Urusan Agama Kecamatan Cengkareng? Tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui upaya pembinaan keluarga sakinah yang dilaksanakan di KUA Kecamatan Cengkareng. 2. Untuk mengetahui efektivitas pembinaan keluarga sakinah yang dilaksanakan di KUA Kecamatan Cengkareng. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode yuridis empiris penulis terjun langsung ke lapangan guna mendapatkan data dan informasi melalui wawancara dengan pihak KUA Cengkareng dan masyarakat. Data primer diperoleh dari hasil wawancara, sedangkan data sekunder diperoleh dari buku atau artikel yang berkaitan dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil kesimpulannya: Upaya pembinaan keluarga sakinah di KUA Kecamatan Cengkareng melalui program Bimwin, penyuluhan dan konsultasi. Bimwin disampaikan secara langsung selama dua hari dan mencakup materi terkait perkawinan dan permasalahannya, serta materi kesehatan. Penyuluhan dilakukan melalui jum’at ibadah dan majelis taklim oleh penyuluh agama Islam. Konsultasi dilaksanakan di KUA Kecamatan Cengkareng oleh penghulu kepada pasangan suami istri yang memiliki masalah rumah tangga. Adapun Pembinaan keluarga sakinah yang dilaksanakan di KUA Kecamatan Cengkareng sudah efektif. hal ini dilihat dari hasil sebelum dan sesudah adanya sosialisasi menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembinaan tersebut, dimana masyarakat sudah ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan pembinaan tersebut, masyarakat lebih memahami dan menyadari bahwa mengikuti pembinaan tersebut sangat penting sebagai bekal untuk mewujudkan kehidupan rumah tangga yang harmonis.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.3 Hukum Perkawinan / Munakahat > 2x4.302 Bimbingan perkawinan
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Keluarga
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 31 Jul 2023 06:55
Perubahan Terakhir: 31 Jul 2023 06:55
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12744

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.