Perspektif Hukum Islam tentang Anak yang Menitipkan Orang Tuanya di Panti Jompo

Algifari, Abidar (2023) Perspektif Hukum Islam tentang Anak yang Menitipkan Orang Tuanya di Panti Jompo. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_HKI_ 191110099_COVER.pdf

Download (46kB)
[img] Teks
S_HKI_ 191110099_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (538kB)
[img] Teks
S_HKI_ 191110099_BAB I.pdf

Download (400kB)
[img] Teks
S_HKI_ 191110099_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (381kB)
[img] Teks
S_HKI_ 191110099_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (439kB)
[img] Teks
S_HKI_ 191110099_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (315kB)
[img] Teks
S_HKI_ 191110099_BAB V.pdf

Download (198kB)
[img] Teks
S_HKI_ 191110099_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (218kB)

Abstrak

o. Makna berbuat baik (ihsan) kepada orang tua merupakan sebuah pengabdian atau bakti yang harus dilaksanakan oleh setiap anak. Kasih sayang seorang anak terhadap orang tua sangatlah dibutuhkan, yaitu dengan merawatnya saat memasuki usia lanjut. Namun realitanya terdapat beberapa orang tua saat memasuki usia lanjut dititipkan oleh anaknya di Panti Jompo, dan bahkan ada yang tega membiarkan orang tuanya terlantar. Permasalahan ini perlu ditinjau dari perspektif hukum Islam, karena ada anggapan bahwa menitipkan orang tua saat memasuki usia lanjut itu adalah bentuk penelantaran. Terlebih mayoritas masyarakat di Negara Indonesia beragama Islam. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: 1) Apa yang menjadi faktor anak menitipkan orang tua di Panti Jompo? 2) Bagaimana pandangan hukum Islam terhadap penitipan orang tua di Panti Jompo? Tujuan dari skripsi ini adalah: 1) Untuk mengetahui faktor anak menitipkan orang tua di Panti Jompo 2) Untuk mengetahui pandangan hukum Islam terhadap penitipan orang tua di Panti Jompo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian pustaka (library research) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan dan pengolahan data diperoleh dengan cara membaca, memahami, serta menelaah buku-buku, kitab dan dokumen-dokumen yang berkaitan dengan penitipan orang tua oleh anak di Panti Jompo. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, terdapat beberapa faktor penyebab orang tua yang tinggal di Panti Jompo, yaitu; pertama, tidak mau membebani anak, ingin mencari teman baru, dan ingin lebih tenang sehingga orang tua berinisiatif untuk tinggal di Panti Jompo. Kedua, dalam kondisi terpaksa karena kondisi ekonomi anak yang kurang baik, anak suka sakit-sakitan, dan anak yang sibuk bekerja sehingga tidak memiliki waktu untuk mengurus atau merawat orang tuanya. Ketiga, kondisi tidak terpaksa karena anak tidak memiliki keinginan untuk mengurus dan merawat orang tua. Dalam hal ini, hukum Islam meninjau kesesuaian dalam maqashid asy-syari’ah atau tujuan dari hukum Islam dengan kenyataan dialami oleh orang tua. Pada dasarnya anak boleh menitipkan orang tuanya di Panti Jompo dengan sebab-sebab tertentu. Di mana dihukumi “mubah” bagi anak yang menitipkan orang tua atas keinginan orang tua sendiri, bagi anak yang menitipkan orang tua dalam keadaan terpaksa, dan dihukumi “haram” bagi anak yang tanpa ada paksaan untuk penitipkan orang tua di Panti Jompo.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Hukum Islam, Orang Tua, dan Panti Jompo
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.9 Aspek fiqh lainnya
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Keluarga
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 31 Jul 2023 06:34
Perubahan Terakhir: 31 Jul 2023 06:34
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12740

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.