Pengelolaan Sampah di Lingkungan Pasar Ciruas (Studi Perda Kabupaten Serang No 3 Tahun 2019)

Mutammimah, Mutammimah (2023) Pengelolaan Sampah di Lingkungan Pasar Ciruas (Studi Perda Kabupaten Serang No 3 Tahun 2019). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_HTN_181120068_Cover.pdf

Download (10kB)
[img] Teks
S_HTN_181120068_Lampiran Depan.pdf

Download (635kB)
[img] Teks
S_HTN_181120068_Bab I.pdf

Download (428kB)
[img] Teks
S_HTN_181120068_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (385kB)
[img] Teks
S_HTN_181120068_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (220kB)
[img] Teks
S_HTN_181120068_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (153kB)
[img] Teks
S_HTN_181120068_Bab V.pdf

Download (8kB)
[img] Teks
S_HTN_181120068_Daftar Pustaka.pdf

Download (118kB)

Abstrak

Pengelolaan sampah merupakan aktivitas untuk mengelola sampah dari pengumpulan, pengangkutan, dan pembuangan, diiringi oleh monitoring dan regulasi manajemen sampah. Lingkungan pasar Ciruas tampak kotor dikarenakan sampah yang bertebaran dipinggir jalan dan menimbulkan bau akibatnya, tumpukan sampah itu mengganggu kenyamanan pengendara motor maupun mobil. Berdasarkan latar belakang diatas, perumusan masalah dalam penelitian ini, adalah: Bagaimana Pengelolaan Sampah di Lingkungan Pasar Ciruas Peraturan Daerah Kabupaten Serang Nomor 3 Tahun 2019 ? Apa saja dampak sampah terhadap aktivitas-aktivitas di sekitar pasar Ciruas ? Langkah-langkah apa saja yang telah dilakukan oleh pihak pengelola pasar di pasar Ciruas dalam pengelolaan sampah di pasar Ciruas tersebut ? Dengan tujuan: untuk mengetahui Pengelolaan Sampah di Lingkungan Pasar Ciruas Peraturan Daerah Kabupaten Serang Nomor 3 Tahun 2019, untuk mengetahui dampak sampah terhadap aktivitas-aktivitas disekitar pasar Ciruas dan untuk mengetahui langkah-langkah apa saja yang telah dilakukan oleh pihak pengelola pasar di pasar Ciruas dalam pengelolaan sampah di pasar Ciruas tersebut. Metode penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, Sedangkan sumber data penelitian menggunakan data sekunder dan data primer. Peneliti juga melakukan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa Pengelolaan Sampah di Lingkungan Pasar Ciruas Studi Perda Kabupaten Serang Nomor 3 Tahun 2019 tentang pengelolaan sampah berjalan tidak efektif melihat masih banyaknya tumpukan sampah yang berserakan di sekitaran pasar Ciruas yang berdampak bagi pengguna jalan dan masyarakat kecamatan Ciruas. Dampak sampah terhadap aktivitas-aktivitas di sekitar pasar Ciruas, dampak dari sampah itu sendiri sangat mengganggu ketertiban umum, salah satunya pengguna roda dua dan roda empat saling menghindari sampah sehingga menimbulkan kemacetan yang berkepanjangan, dan juga menimbulkan bau tidak sedap, yang membuat pengguna jalan dan masyarakat kecamatan Ciruas tidak nyaman. Dan dampak sosial dari penumpukan sampah mengganggu aktivitas masyarakat dan pengguna jalan. Langkah-langkah yang telah dilakukan oleh pihak pengelola pasar Ciruas telah berupaya untuk mengurangi sampah dengan menjadikan sampah organik sebagai pakan ternak dan juga magot, dari pihak dinas lingkungan hidup pun sudah berupaya mengurangi jumlah sampah di sekitaran pasar Ciruas namun para pedagang yang setiap harinya membuang sampah sembarangan mengakibatkan menumpuknya sampah.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pengelolaan Sampah, Lingkungan, Pasar
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 340 Hukum > 348 peraturan & kasus
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Tata Negara
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 31 Jul 2023 02:59
Perubahan Terakhir: 25 Mar 2024 03:18
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12724

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.