Pemaksaan Hubungan Seksual Suami Terhadap Istri (Marital Rape) (Studi Komparatif Hukum Positif dan Hukum Islam)

Alamsyah, Sulfan (2023) Pemaksaan Hubungan Seksual Suami Terhadap Istri (Marital Rape) (Studi Komparatif Hukum Positif dan Hukum Islam). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_HKI_191110004_COVER.pdf

Download (91kB)
[img] Teks
S_HKI_191110004_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (585kB)
[img] Teks
S_HKI_191110004_BAB I.pdf

Download (485kB)
[img] Teks
S_HKI_191110004_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (347kB)
[img] Teks
S_HKI_191110004_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (239kB)
[img] Teks
S_HKI_191110004_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (512kB)
[img] Teks
S_HKI_191110004_BAB V.pdf

Download (150kB)
[img] Teks
S_HKI_191110004_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225kB)

Abstrak

Hubungan seksual adalah hal yang terpenting dalam sebuah pernikahan. Namun, dalam melakukan hubungan seksual suami dan istri harus dalam keadaan yang mendukung dan tidak ada uzur syar’i. Akan tetapi dalam rumah tangga sering terjadi suami memaksa istrinya untuk melakukan hubungan seksual tetapi tidak memperhatikan kondisi fisik dan psikologis istri. Apakah perilaku tersebut termasuk dalam kategori marital rape? Berdasarkan latar belakang tersebut maka diperoleh beberapa rumusan masalah yaitu: 1). Bagaimana hukum pemaksaan hubungan seksual suami terhadap istri (marital rape) dalam hukum positif dan hukum Islam? 2). Bagaimana analisis perbandingan hukum pemaksaan hubungan seksual suami terhadap istri (marital rape) dalam hukum positif dan hukum Islam? Penelitian ini bertujuan: 1). Untuk mengetahui hukum pemaksaan hubungan seksual suami terhadap istri (marital rape) dalam hukum positif dan hukum Islam. 2). Untuk menjelaskan hasil analisis perbandingan hukum pemaksaan hubungan seksual suami terhadap istri (marital rape) dalam hukum positif dan hukum Islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu dengan menghasilkan data deskriptif melalui kajian pustaka atau library research. Penelitian ini menggunakan teknik komparatif yaitu membandingan hukum pemaksaan hubungan seksual suami terhadap istri (marital rape) antara hukum positif dan hukum Islam. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hukum pemaksaan hubungan seksual suami terhadap istri (marital rape) dalam hukum positif sudah diatur dalam Undang-undang No. 23 tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga dan pada Undang-undang No. 12 tahun 2022 tentang Tindak Pidana Kekerasan Seksual. Dengan melihat berbagai aspek pemerkosaan dalam rumah tangga merupakan hal yang tidak wajar dilakukan oleh suami terhadap istri karena hal tersebut dapat menyakiti istri karena tidak memperhatikan kondisi fisik dan psikologis istri. Sedangkan dalam hukum Islam apabila pemaksaan yang dilakukan suami terhadap istri masih dalam batas wajar, maka tidak menjadi masalah. Namun, jika pemaksaan yang disertai, ancaman dan kekerasan sedangkan keadaan dan kondisi fisik dan psikis istri sedang tidak memungkinkan untuk melayani suaminya seperti sedang sakit, haid, capek, dan uzur syar’i lainnya yang dianggap layak, maka suami dapat dikategorikan sebagai perbuatan marital rape dan pelakunya dikenakan ta’zir yang hukumannya ditentukan oleh seorang hakim.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.3 Hukum Perkawinan / Munakahat > 2x4.39 Aspek munakahat lainnya
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Keluarga
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 28 Jul 2023 04:25
Perubahan Terakhir: 28 Jul 2023 04:25
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12712

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.