Hukum Anak Lahir di luar Nikah Menurut Hukum Islam dan Hukum Positif (Studi Komparasi Kompilasi Hukum Islam dan Hukum Positif)

Jannah, Nurul Miftahul (2023) Hukum Anak Lahir di luar Nikah Menurut Hukum Islam dan Hukum Positif (Studi Komparasi Kompilasi Hukum Islam dan Hukum Positif). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_HK_171110020_COVER.pdf

Download (47kB)
[img] Teks
S_HK_171110020_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (555kB)
[img] Teks
S_HK_171110020_BAB I.pdf

Download (259kB)
[img] Teks
S_HK_171110020_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (487kB)
[img] Teks
S_HK_171110020_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (456kB)
[img] Teks
S_HK_171110020_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (396kB)
[img] Teks
S_HK_171110020_BAB V.pdf

Download (9kB)
[img] Teks
S_HK_171110020_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (224kB)

Abstrak

Anak yang dari hasil zina di Indonesia kini sudah bukan menjadi fenomena yang asing lagi bagi masyarakat Indonesia seiring dengan semakin tingginya tingkat hubungan seksual bebas, hidup bersama tanpa ikatan perkawinan yang sah yang mengakibatkan lahirnya anak-anak di luar perkawinan. Mengingat anak yang lahir adalah fitrah, maka hak mereka untuk mewarisi berdasarkan Kompilasi Hukum Islam di Indonesia adalah sesuai dengan hak asasi anak baik yang dideklarasikan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa maupun oleh ajaran Islam. Perumusan masalah dari penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Tinjauan Hukum Islam Terhadap Hukum Waris Anak Lahir Diluar Nikah? 2) Bagaimana Tinjauan Hukum Positif Terhadap Hukum Waris Anak Lahir Diluar Nikah? 3) Bagaimana Persamaan dan Perbedaan Hukum Waris Anak Lahir Diluar Nikah Dalam Hukum Islam dan Hukum Positif? Tujuan penelitian skripsi ini adalah: 1) Untuk mengetahui tinjauan hukum islam terhadap anak lahir diluar nikah, 2) Untuk mengetahui tinjauan hukum positif terhadap anak lahir diluar nikah, 3) Untuk mengetahui persamaan dan perbedaan hukum waris anak lahir diluar nikah dalam hukum islam dan hukum positif Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode peneliatan kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi dan analisis. Adapun jenis penelitian ini merupakan penelitian studi pustaka (library research). Kesimpulan dalam Kompilasi Hukum Islam dinyatakan bahwa anak yang lahir di luar perkawinan yang sah hanya memiliki nasab dengan ibu dan keluarga ibunya (Pasal 100 KHI), sehingga anak luar kawin tersebut hanyalah mewarisi dari ibu dan keluarga ibunya (Pasal 186 KHI). Hukum perdata, yang dimaksud anak luar kawin adalah anak yang lahir di luar perkawinan yang sah. Anak luar kawin mendapat warisan dari ayahnya jika dia diakui secara sah oleh ayahnya dengan menggunakan Akta Pengakuan Anak secara autentik (Pasal 281 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata). Pembagian warisan, bahwa dalam Kompilasi Hukum Islam tidak ada akibat hukumnya jika anak luar kawin tersebut tidak dipenuhi hak warisannya. Dalam ketentuan KUHPerdata, anak di luar kawin yang diakui memiliki hak untuk mewaris terhadap orang tua biologisnya walaupun dengan bagian waris yang tidak sama dengan anak sah lainnya. Berdasarkan Pasal 863 KUHPerdata, jika si pewaris selain meninggalkan anak luar kawin juga meninggalkan anak sah atau suami isteri, maka si anak luar kawin hanya mendapatkan hak sepertiga dari haknya.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Zina, Mewarisi, Komplasi Hukum Islam, KUHPerdata
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.3 Hukum Perkawinan / Munakahat > 2x4.39 Aspek munakahat lainnya
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Keluarga
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 28 Jul 2023 04:13
Perubahan Terakhir: 28 Jul 2023 04:13
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12711

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.