Tinjauan Hukum Islam dan Hukum Positif Terhadap Proses Pergantian Nama dalam Akad Nikah (Studi Kasus di Kaujon Singandaru Indah 1 Kecamatan Serang Kota Serang)

Abdillah, Muhamad Wahyu Nur (2023) Tinjauan Hukum Islam dan Hukum Positif Terhadap Proses Pergantian Nama dalam Akad Nikah (Studi Kasus di Kaujon Singandaru Indah 1 Kecamatan Serang Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_HKI_191110001_Cover.pdf

Download (90kB)
[img] Teks
S_HKI_191110001_Lampiran Depan.pdf

Download (381kB)
[img] Teks
S_HKI_191110001_Bab I.pdf

Download (475kB)
[img] Teks
S_HKI_191110001_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (236kB)
[img] Teks
S_HKI_191110001_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (538kB)
[img] Teks
S_HKI_191110001_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (346kB)
[img] Teks
S_HKI_191110001_Bab V.pdf

Download (94kB)
[img] Teks
S_HKI_191110001_Daftar Pustaka.pdf

Download (230kB)

Abstrak

Proses pergantian nama dalam akad nikah yang terjadi di Kaujon Singandaru Indah 1 Kecamatan Serang Kota Serang. Hal ini di sebabkan karena terjadinya ketidakcocokan nama antara calon pengantin pria dan calon pengantin wanita yang dihitung berdasarkan perhitungan naktu Jawa, dimana dalam perhitungan naktu tersebut jumlah naktu dari calon pengantin wanita lebih besar dari naktu pengantin pria sehingga solusinya adalah dengan dilakukannya proses pergantian nama pada calon pengantin wanita supaya kedepannya dalam menjalankan kehidupan berumah tangga dapat berjalan dengan rukun, harmonis dan lancar rezeki. Sehingga perlu diadakannya penelitian untuk mengetahui bagaimana pandangan hukum Islam dan hukum positif dan juga bagaimana pelaksanaan proses pergantian nama di Kaujon Singandaru Indah 1 Kecamatan Serang Kota Serang. Rumusan masalah penelitiannya adalah, 1. Bagaimana pelaksanaan proses pergantian nama dalam akad nikah di Kaujon Singandaru Indah 1 Kecamatan Serang Kota Serang? 2. Bagaimana pandangan hukum Islam dan hukum positif mengenai proses pergantian nama dalam akad nikah di Kaujon Singandaru Indah 1 Kecamatan Serang Kota Serang?, Tujuan dari penelitian adalah, 1. Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan proses pergantian nama dalam akad nikah di Kaujon Singandaru Indah 1 Kecamatan Serang Kota Serang. 2. Untuk mengetahui bagaimana pandangan hukum Islam dan hukum positif mengenai pergantian nama dalam akad nikah di Kaujon Singandaru Indah 1 Kecamatan Serang Kota Serang. Penelitian dalam skripsi ini merupakan penelitian hukum empiris, dengan menggunakan sumber data yaitu data primer, data sekunder dan data tersier yang di analisis dengan metode analisis deskriptif dan komparatif yaitu penelitian yang menggambarkan keadaan dan mengkomparasikan antara tinjauan hukum Islam dan hukum positif terkait proses pergantian nama. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. kemudian dalam pengolahan data dengan menggunakan analisis data. Data primer diperoleh dari hasil wawancara dengan pasangan pengantin, pegawai Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Serang, pegawai Kelurahan Serang, dan tokoh masyarakat atau Ketua RT Kaujon Singandaru Indah 1. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa 1. Proses pergantian nama dalam akad nikah yang dihitung menurut hitungan naktu Jawa ditentukan berdasarkan hari lahir dari calon pengantin, setelah dilakukan perhitungan jika terjadi ketidakcocokan maka solusinya adalah akan dilakukan pergantian nama pada calon pengantin wanita. 2. Proses pergantian nama dalam akad nikah yang dilakukan berdasarkan hitungan naktu Jawa tidak diperbolehkan menurut pandangan hukum Islam, dalam pandangan hukum Islam mengganti nama diperbolehkan jika dengan alasan untuk mengganti arti nama yang buruk. Sedangkan dalam pandangan hukum positif mengganti nama diperbolehkan melalui proses persidangan di Pengadilan Negeri dan dilakukan pencatatan di Disdukcapil.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pergantian Nama, Naktu Jawa, Hukum Islam, Hukum Positif
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.3 Hukum Perkawinan / Munakahat > 2x4.31 Nikah
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Keluarga
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 28 Jul 2023 03:42
Perubahan Terakhir: 28 Jul 2023 03:42
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12707

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.