Pengelolaan Sampah di Kota Serang Menurut Peraturan Daerah Nomor 7 Tahun 2021 (Studi Dinas Lingkungan Hidup Kota Serang)

Hidayatullah, Taufik (2023) Pengelolaan Sampah di Kota Serang Menurut Peraturan Daerah Nomor 7 Tahun 2021 (Studi Dinas Lingkungan Hidup Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_HTN_171120024_Cover.pdf

Download (105kB)
[img] Teks
S_HTN_171120024_Lampiran Depan.pdf

Download (555kB)
[img] Teks
S_HTN_171120024_Bab I.pdf

Download (264kB)
[img] Teks
S_HTN_171120024_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (343kB)
[img] Teks
S_HTN_171120024_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (396kB)
[img] Teks
S_HTN_171120024_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (153kB)
[img] Teks
S_HTN_171120024_Bab V.pdf

Download (107kB)
[img] Teks
S_HTN_171120024_Daftar Pustaka.pdf

Download (225kB)

Abstrak

Pengelolaan Sampah Di Kota Serang merupakan tanggung jawab Masyarakat, pemerintah dan Dinas Lingkungan Hidup Kota serang. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengelolaan sampah yang di lakukan dinas lingkungan hidup kota serang dan kesesuaian program dari dinas lingkungan hidup kota serang dalam menangani sampah di kota serang. Peneliti akan menggambarkan pengelolaan sampah dan kesesuaian program menurut Peraturan Daerah Nomor 7 Tahun 2021. Namun pada penelitian ini, peneliti memfokuskan pada pengelolaan dan kesesuaian program agar sesuai dengan kebutuhan penelitian. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penanganan pengelolaan sampah di Kota Serang masih berjalan kurang maksimal. Program yang sudah direncanakan masih terdapat beberapa hambatan, serta proses pengawasan terhadap sampah liar masih belum berjalan dengan baik dan ketersediaan anggaran masih dirasa belum mencukupi untuk penanganan permasalahan sampah di Kota Serang. Sehingga membuat masyarakat Kota Serang masih belum mengetahui cara mengelola sampah dengan baik. Perumusan masalahnya adalah: Bagaimana pengelolaan sampah yang di lakukan oleh dinas lingkungan hidup kota serang? Dan bagaimana kesesuaian program dinas lingkungan hidup kota serang dengan peraturan daerah nomor 7 tahun 2021? Hasil yang dapat di simpulkan: 1. Pengelolaan sampah yang di lakukan Dinas Lingkungan Hidup Kota Serang belum begitu efektif karena keterbatasan TPA, Kurangnya ketersediaan anggaran yang dimiliki oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Serang, kurangnya pengawasan adalah minimnya Sumber daya Manusia serta sarana dan prasarana yang menjadi hambatan dalam pengelolaan sampah. 2.Kesesuaian program dinas lingkungan hidup kota serang diantaranya, program bank sampah, TPS 3R, rumah kompos dan mesin karbon. Namun diantara beberapa program yang diterapkan oleh pemerintah bank sampah merupakan program unggulan yang menjadi priotas untuk menurunkan timbunan sampah di hulu agar timbunan sampah di hilir dapat berkurang. Ironisnya program bank sampah ini belum banyak diketahui oleh masyarakat. Hal ini disebabkan kurangnya kesadaran masyarakat dan di sisi lain pemerintah juga masih kurang dalam melakukan sosialiasi dan memberikan fasilitas kepada masyarakat yang ingin membuat bank sampah, pemerintah sudah memberikan edukasi kepada masyarakat berupa tulisan dan media online bahwa ada sanksi admistratif dan sanksi pidana jika membuang sampah bukan pada tempatnya.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 340 Hukum
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Tata Negara
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 28 Jul 2023 01:31
Perubahan Terakhir: 01 Apr 2024 03:21
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12695

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.