Pengaruh Faktor Personal, Sociological, dan Environmental Terhadap Minat Berwirausaha (Studi Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten)

Allivia, Alya (2023) Pengaruh Faktor Personal, Sociological, dan Environmental Terhadap Minat Berwirausaha (Studi Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_ES_191410056_COVER.pdf

Download (106kB)
[img] Teks
S_ES_191410056_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (395kB)
[img] Teks
S_ES_191410056_BAB I.pdf

Download (434kB)
[img] Teks
S_ES_191410056_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (680kB)
[img] Teks
S_ES_191410056_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (773kB)
[img] Teks
S_ES_191410056_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (752kB)
[img] Teks
S_ES_191410056_BAB V.pdf

Download (290kB)
[img] Teks
S_ES_191410056_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (310kB)

Abstrak

Saat ini masih banyak orang yang belum memperoleh pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Bedasarkan Survei Angkatan kerja Nasional (Sakernas) Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah pegangguran terbuka di Indonesia mencapai 8,42 juta orang pada Agustus 2022 dan terdapat 673,49 ribu (7,99%) penganggur yang merupakan lulusan univesitas. Hal tersebut dikarenakan karena sempitnya lapanagan pekerjaan. Salah satu alternatif untuk mengurangi tingkat pengangguran yaitu dengan menumbuhkan jiwa kewirausahaan terutama pada mahasiswa perguran tinggi. Karena, dengan berwirausaha bisa membuka lapangan pekerjaan yang dapat mengurangi pengangguran serta meningkatkan kesejahteraan perekonomian. Ada beberapa faktor yang mempengaruh seseorang untuk menjadi seorang wirausaha yaitu faktor personal, sociological dan environmental dengan ketiga faktor tersebut seseorang dapat menjadi wirausahawan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1). Bagaimana pengaruh faktor personal, sociological, dan environmental terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa? 2). Seberapa besar pengaruh faktor personal, sociological dan environmental terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa?. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: 1). Untuk mengetahui pengaruh faktor personal, sociological dan environmental terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa. 2). Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh faktor personal, sociological dan environmental terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis regresi linier berganda dimana metode ini digunakan untuk mengetahui faktor personal, sociological dan environmental terhadap minat berwirausaha yang ditampilkan dalam bentuk persamaan regresi. Metode uji asumsi klasik diantaranya uji normalitas, uji multikolinieritas dan uji heteroskadastisitas serta menggunakan uji statistik diantaranya uji T, uji F, uji koefisien determinasi dan uji koefisien korelasi. Kesimpulannya diperoleh faktor personal, sociological dan environmental berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha dengan nilai Ftabel sebesar 2.72. Berdasarkan nilai Fhitung yang ditunjukan pada tabel, maka dapat diperoleh kesimpulan bahwa nilai Fhitung lebih besar dari nilai Ftabel yakni 31.820 > 2.72. maka H1 diterima dan menolak H0. Jadi dapat dikatakan bahwa ada pengaruh antara faktor personal, sociological dan environmental secara bersama-sama terhadap minat berwirausaha. Berdasarkan nilai koefesien korelasi yang ditunjukan pada tabel, maka dapat diperoleh kesimpulan bahwa faktor personal, sociological dan environmental memiliki pengaruh sebesar 74.6% yang berarti kuat.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Personal, Sociological, Environmental dan Minat Berwirausaha
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 330 Ekonomi
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 26 Jun 2023 02:32
Perubahan Terakhir: 04 Jan 2024 08:01
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12600

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.