Peranan Baitul Maal wat Tamwil (BMT) Dalam Pemberdayaan Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) (Studi Kasus BMT Assyafi’iyah Berkah Nasional Cabang Anyer)

Fatni, Nida Nurdi (2023) Peranan Baitul Maal wat Tamwil (BMT) Dalam Pemberdayaan Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) (Studi Kasus BMT Assyafi’iyah Berkah Nasional Cabang Anyer). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PBS_181420094_COVER.pdf

Download (155kB)
[img] Teks
S_PBS_181420094_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (653kB)
[img] Teks
S_PBS_181420094_BAB I.pdf

Download (237kB)
[img] Teks
S_PBS_181420094_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (298kB)
[img] Teks
S_PBS_181420094_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (163kB)
[img] Teks
S_PBS_181420094_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (378kB)
[img] Teks
S_PBS_181420094_BAB V.pdf

Download (153kB)
[img] Teks
S_PBS_181420094_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB)

Abstrak

Permasalahan usaha kecil mikro di daerah tertentu paling utama adalah modal usaha yang terbatas. Akibatnya, para pengusaha tidak bisa menaikkan jumlah produksinya untuk mencapai omset lebih banyak. Para pelaku UMKM di daerah tertentu mungkin saja memiliki banyak ide bisnis untuk mengembangkan usahanya, namun harus terhenti karena tidak adanya modal tambahan. BMT, lembaga keuangan mikro berbasis syariah, muncul sebagai jawaban atas keberadaan UMKM di lingkungan yang terbelakang dan berusaha untuk memberikan solusi melalui program pembiayaan. Adapun perumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1). Bagaimana perkembangan usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang berada di Anyer ? 2). Apakah peranan BMT Assyafi’iyah Berkah Nasional Cabang Anyer memberdayakan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) ? Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu 1). Untuk mengetahui sejauh mana perkembangan usaha para pelaku UMKM yang berada di Anyer. 2). Untuk mengetahui sejauh mana peranan BMT Assyafi’iyah Berkah Nasional Cabang Anyer dalam pemberdayaan pelaku UMKM. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif di mana metode ini digunakan untuk mengetahui perkembangan usaha para pelaku UMKM pasca BMT serta untuk mengetahui peranan BMT dalam memberdayakan pelaku UMKM. Teknik pengumpulan data melalui studi lapangan yang meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi, adapun teknik analisis data yang digunakan meliputi redukasi data, display data, dan mengambil kesimpulan atau verifikasi. iii Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa usaha para pelaku UMKM yang menjadi anggota BMT Assyafi’iyah Berkah Nasional Cabang Anyer mengalami kemajuan setelah mendapatkan pembiayaan untuk modal usahanya, seperti pertambahan bahan-bahan utama usaha, adanya produk baru, penambahan tenaga kerja, serta penambahan konsumen. Serta BMT Assyafi’iyah Berkah Nasional Cabang Anyer telah berperan dalam memberdayakan pelaku UMKM yaitu membantu para masyarakat kecil yang ingin membuka usaha yaitu mulai dari merintisnya usaha anggota BMT sehingga usaha anggota tersebut dapat berkembang, dengan adanya memberikan arahan kepada anggota untuk memiliki simpanan atau menabung sehingga anggota memiliki aset lebih untuk modal usahanya atau kebutuhan lainnya, selain itu juga BMT Assyafi’iyah Berkah Nasional Cabang Anyer mengajarkan kepada anggota agar menghindari praktik riba dalam menjalani suatu bisnis.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): BMT, Pemberdayaan, Usaha Mikro Kecil Menengah
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.2 Muamalah
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 17 Mei 2023 08:00
Perubahan Terakhir: 17 Mei 2023 08:00
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12440

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.