Tipe dan Ide Kepemimpinan terhadap Solusi Konflik Organisasi

Nahnudin, Nunu and Fauzi, Anis and Firdaos, Rijal (2023) Tipe dan Ide Kepemimpinan terhadap Solusi Konflik Organisasi. Tadbir Muwahhid, 7(1). pp. 85-108. ISSN 2579-3470

[img] Teks
Tipe dan Ide Kepemimpinan Adaptif terhadap Solusi Konflik Organisasi.pdf

Download (7MB)

Abstrak

 Abstrak: Kedudukan pemimpin dalam organisasi mempunyai peran dan fungsi yang sangat strategis terhadap maju dan tidaknya organisasi. Oleh karenanya kehadiran pemimpin harus mampu menjadi solusi dalam perkembangan organisasi, maka pemimpin harus memiliki disiplin ilmu yang sangat luas dan mampu berdiri tegak dalam keadaan apapun terhadap perkembangan organisasinya. Pemimpin yang adaptif mampu melihat tantangan dan peluang sebelum keduanya terjadi, kemudian memposisikan organisasi mencapai tujuan-tujuan terbaiknya. Hal itu berarti bahwa seorang pemimpin adaptif dituntut untuk bisa mengkolaborasikan antara kesanggupan, kemampuan, keahlian, yang sangat efektif di semua tempat, lingkungan dan keadaan. Konflik organisasi adalah sesuatu hal yang pasti terjadi dan tidak dapat dihindari. Akan tetapi kehadiran pemimpin dituntut untuk mampu menyelesaikan konflik yang terjadi pada organisasi tersebut. Dalam artikel ini penulis mencoba menganalisis beberapa tipe kepemimpinan untuk menyelesaikan konflik organisasi. Metode yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan menggunakan metode pustaka berdasarkan sumber-sumber pustaka yang dikaji. Adapun hasil analisis penulis terhadap kepemimpinan yang sangat sesuai dengan permasalahan organisasi adalah tipe kepemimpinan transformasional.

Tipe Item/Data: Artikel
Kata Kunci (keywords): Adaptif, Kepemimpinan, Konflik Organisasi
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 106 Organisasi & manajemen
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 15 Mei 2023 01:39
Perubahan Terakhir: 15 Mei 2023 01:39
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12424

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.