Khaeroni, Khaeroni (2019) Peningkatan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi pada Pembelajaran Matematika SD/MI dengan Menggunakan Pertanyaan Terbuka, Produktif, dan Imajinatif. In: The 1st Annual Conference Al-Bidayah (ACA) Jurnal Pendidikan Dasar “Innovation of Primary Education for All”, 29 September 2019, Yogyakarta.
|
Teks
PROSIDING_THE_1_ST_ANNUAL_CONFERENCE - KHAERONI.pdf Download (846kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mendeskripsikan alternatif peningkatan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa SD/MI khususnya dalam Mata Pelajaran Matematika. Selain untuk membuka kegiatan pembelajaran, pertanyaan-pertanyaan tersebut selanjutnya dapat digunakan untuk menyusun Lembar Kerja yang ditujukan untuk mengasah keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa. Kesimpulan yang diperoleh bahwa pengembangan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa dapat dilakukan dengan berbagai cara salah satunya adalah dengan meningkatkan keterampilan bertanya. Pertanyaan-pertanyaan yang dapat digunakan untuk mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi adalah pertanyaan-pertanyaan yang dapat merangsang kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa. Beberapa jenis atau kategori pertanyaan yang dapat digunakan adalah pertanyaan produktif, imajinatif, dan terbuka. Setelah pertanyaan-pertanyaan tersebut dibuat, maka dapat dikembangkan untuk membuat lembar kerja.
Tipe Item/Data: | Konferensi atau Ihwal Lokakarya (Paper) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | HOTS, Produktif, Imajinatif, Terbuka, Lembar Kerja |
Subjek: | 100 Filsafat & Psikologi > 107 Pendidikan, penelitian & topik terkait |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | M.Si Khaeroni Khaeroni |
Tanggal Disetorkan: | 09 Mei 2023 02:47 |
Perubahan Terakhir: | 09 Mei 2023 02:47 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12407 |
Actions (login required)
Lihat Item |