Sekolah Efektif: Konsep Dasar & Praktiknya

Supardi, Supardi (2013) Sekolah Efektif: Konsep Dasar & Praktiknya. Rajawali Pers, Depok. ISBN 978-979-769-606-1

[img]
Pra Tinjau
Gambar
sekolah-efektif-13.5-x-20.png

Download (500kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tujuan pendidikan yang hendak dicapai secara nasional maupun oleh lembaga pendidikan sekolah masih jauh dari harapan. Hal ini tejadi karena praktek-praktek tidak efektif dalam pengelolaan sekolah. Pengelolaan sekolah yang tidak efektif dikarenakan berbagai macam hal, salah satunya adalah kurang dipahaminya konsep, model, faktor penentu dari sekolah efektif septa hasil-hasil kajian lapangan, kajian literatur maupun kajian meta analisis tentang sekolah efektif. Efektivitas sekolah menunjukkan adanya proses perekayasaan dan pemberdayaan semua komponen sekolah dengan tujuan agar siswa belajar dan mencapai kompetensi yang telah ditetapkan. Sekolah akan efektif apabila kepala sekolah dapat menetapkan visi, misi dan tujuan sekolah, memanaj kurikilum dan pembelajaran, melakukan supervisi, memantau kemajuan peserta didik, menciptakan iklim pembelajaran kondusip, mengembankan profesionalisme guru, dan kerjasaina dengan pihak luar. Sekolah akan efektif apabila guru memiliki sifat dan sikap terpuji, profesional, memiliki etos kerja serta dapat menunjukkan kinerjanya dengan balk. Sekolah efektif apabila siswa belajar dengan efektif melalui efisiensi usaha belajar dan efisiensi hasil belajar. Sekolah efektif apabila pembelajaran menunjukkan kejelasan, variasi, berorientasi tugas, melibatkan siswa dalam pembelajaran, dan mengantarkan siswa mencapai kesuksesan. Sekolah efektif apabila iklim sekolah menunjukkan keakraban, kebersamaan, semangat keria yang tinggi, kenyamanan, kebersihan, dinjunjungnya nilai sosial, moral, dan keagamaan. Buku in mencoba menguraikan sekolah efektif dari sisi kepala sekolah, guru, peserta didik, pembelajaran dan iklim sekolah. Buku`rdapat dijadikan sebagai bahan referensi bagi mahasiswa, para praktisi pendidikan seperti kepala sekolah, pengawas, guru muapun birokrat pendidikan untuk dapat dijadikan pedoman dalam menciptakan sekolah efektif.

Tipe Item/Data: Buku
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
User Penyetor: Dr Supardi Supardi
Tanggal Disetorkan: 09 Mei 2023 02:41
Perubahan Terakhir: 09 Mei 2023 02:43
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12405

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.