Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Program Studi

Khaeroni, Khaeroni and Sabri, Sabri (2021) Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Program Studi. Media Madani, Serang. ISBN 978-623-5553-91-7

[img]
Pra Tinjau
Teks
Buku-Implementasi-Kebijakan-MBKM-Khaeroni.pdf

Download (2MB) | Pra Tinjau

Abstrak

Merdeka Belajar – Kampus Merdeka atau MBKM adalah salah satu kebijakan yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di bawah kepemimpinan Nadim Makarim. Kebijakan ini diberlakukan kepada seluruh perguruan tinggi di Indonesia khususnya pada jenjang S1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang menaungi sejumlah perguruan tinggi menetapkan sejumlah Indikator Kinerja Utama (IKU) Sesuai Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 754/P/2020 tentang Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi Negeri dan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi di Lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Selain menetapkan indikator, kementerian juga menyiapkan pedoman, program, serta pendanaan yang memadai sedemikian sehingga kebijakan ini dapat diimplementasikan dengan baik. Program Studi sebagai garda terdepan implementasi kebijakan MBKM menghadapi tantangan tersendiri dalam implementasinya dan merupakan permasalahan yang dihadapi oleh Program Studi perguruan tinggi di bawah Kementerian Agama pada umumnya. Buku ini mengurai bagaimana tantangan serta upaya yang sudah dan dapat dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut secara komprehensif.

Tipe Item/Data: Buku
Kata Kunci (keywords): Strategi, Implementasi, MBKM
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: M.Si Khaeroni Khaeroni
Tanggal Disetorkan: 08 Mei 2023 00:48
Perubahan Terakhir: 08 Mei 2023 00:48
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12391

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.