Peran Kegiatan Ekstrakurikuler (Pesantren Sabtu-Ahad) dalam Menunjang Proses Belajar Mengajar Al-Qur’an Hadits

Fauzi, Anis and Khoiriyah, Siti Miftahul (2018) Peran Kegiatan Ekstrakurikuler (Pesantren Sabtu-Ahad) dalam Menunjang Proses Belajar Mengajar Al-Qur’an Hadits. Tadris: Jurnal Pendidikan Islam, 13(2). pp. 295-306. ISSN 2442-5494

[img]
Pra Tinjau
Teks
Peran Kegiatan Ekstrakurikuler.pdf

Download (323kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran kegiatan ekstrakurikuler dalam menunjang proses belajar mengajar Al-Qur’an Hadits di MTs Negeri 1 Kota Serang, dengan melihat pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler, kegiatan proses belajar mengajar Al-Qur’an Hadits, dan peran kegiatan ekstrakurikuler dalam menunjang proses belajar mengajar Al-Qur’an Hadits. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yakni mendeskripsikan tentang fenomena-fenomena yang ada. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan beberapa hal penting: Pertama, pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler, melalui beberapa tahapan yaitu perencanaan kegiatan ekstrakurikuler, penyusunan kebijakan dan tanggung jawab pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler, serta strategi dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler. Kedua, pelaksanaan kegiatan proses belajar mengajar Al-Qur’an Hadits sejak tahap perencanaan, seluruh langkah-langkah yang akan disampaikan kepada siswa serta adanya evaluasi dalam pembelajaran untuk mencapai tujuan yang sudah ditentukan. Ketiga. Peran kegiatan ekstrakurikuler dalam menunjang proses belajar mengajar Al�Qur’an Hadits, melalui kegiatan ekstrakurikuler Pesantren Sabtu Ahad tersebut dapat dijadikan sebagai wadah yang menarik bagi siswa untuk memanfaatkan waktu luang dengan sebaik-baiknya, menguatkan dan memantapkan proses pembelajaran keagamaan di sekolah, bergairah untuk membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar, mempelajarinya, memahami, meyakini kebenarannya, dan mengamalkan ajaran-ajaran dan nilai yang terkandung didalam Al-Qur’an sebagai petunjuk dan pedoman dalam seluruh aspek kehidupan sehari-hari.

Tipe Item/Data: Artikel
Kata Kunci (keywords): Ekstrakurikuler, Belajar Mengajar, Al-Qur’an Hadits
Subjek: 2x1 Al Quran dan ilmu yang terkait > 2x1.1 Ilmu-ilmu Al-Quran
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 05 Mei 2023 03:51
Perubahan Terakhir: 05 Mei 2023 03:51
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12383

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.