Pemanfaatan Perpustakaan sebagai Sumber Belajar Melalui Pemberdayaan Guru Bidang Studi

Fauzi, Anis and Zohriah, Anis and Lughowi, Rifyal Ahmad (2022) Pemanfaatan Perpustakaan sebagai Sumber Belajar Melalui Pemberdayaan Guru Bidang Studi. J-Abdi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2). pp. 3999-4006. ISSN 2798-2912

[img]
Pra Tinjau
Teks
5027.pdf

Download (280kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Kajian ini bermaksud mendeskripsikan secara detail tentang pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar bagi siswa melalui pemberdaayaan guru bidang studi. Pada level pendidikan dasar, yang mencakup SD/MI dan SMP/MTs, pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar bisa lebih efektif apabila pimpinan sekolah atau madrasah mengharuskan semua guru bidang studi untuk memberikan tugas terstruktur kepada siswa sebagai bahan penilaian kenaikan kelas ataupun kelulusan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini diselengarakan dengan sistem pelatihan tentang pemaanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar melalui pemberdayaan guru bidang studi. Kasimpulan kajian ini menyebutkan bahwa: Pertama, perpustakaan memiliki peran penting dalam mempertahakan dan sekaligus mengembangkan budaya baca dan tulis di kalangan siswa, guru, dan tenaga kependidikan. Kedua, fasilitas internal perpustakaan sekolah maupun perpustakaan madrasah harus diupayakan dapat menarik minat para pengunjung untuk berlama-lama berada di lingkunga perpustaakan, sambil mempelajari buku-buku praktis sebagai bahan pengembangan keterampilan praktis di kemudian hari.

Tipe Item/Data: Artikel
Kata Kunci (keywords): Perpustakaan, Sumber Belajar, Pemberdayaam Guru
Subjek: 000 Ilmu komputer, pengetahuan & sistem > 020 Perpustakaan & Informasi Ilmu > 027 Umum perpustakaan
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 04 Mei 2023 02:12
Perubahan Terakhir: 04 Mei 2023 02:12
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12370

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.