Implementasi Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru

Yunus, Muhammad and Zohriah, Anis and Fauzi, Anis (2022) Implementasi Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 7(1). pp. 1-20. ISSN 2685 – 9939

[img]
Pra Tinjau
Teks
1825-9083-1-PB.pdf

Download (882kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan menganalisis : (1) Implementasi Supervisi oleh Kepala Sekolah (2) Tahapan pelaksanaan supervisi akademik dalam meningkatkan kinerja guru (3) Kendala-kendala yang dihadapi dalam implementasi supervisi akademik oleh kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMP Negeri 1 Mancak, SMP Negeri 2 Anyar dan SMP Negeri 1 Gunungsari Kabupaten Serang.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi komparatif. Metode pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui proses reduksi data, proses penyajian data dan proses penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Implementasi Supervisi Akademik oleh Kepala Sekolah dilaksanakan dengan baik dan terencana, sehingga mampu meningkatkan kinerja guru. (2) Tahapan yang dilaksanakan dalam supervisi meliputi (a) tahap perencanaan, (b) tahap pelaksanaan dan (c) tahap tindak lanjut. (3) kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan supervisi akademik dalam meningkatkan kinerja guru di SMPN 1 Mancak, SMPN 2 Anyar dan SMPN 1 Gunungsari adalah waktu, kesiapan guru dan teknik Pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

Tipe Item/Data: Artikel
Kata Kunci (keywords): Supervisi Akademik, Kepala Sekolah, Kinerja Guru
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 28 Apr 2023 04:22
Perubahan Terakhir: 28 Apr 2023 04:22
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12337

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.