Tinjauan Hukum Islam Tentang Larangan Menikah di Bulan Syawal (Studi Kasus di Desa Cilentung Kecamatan Pulosari Kabupaten Pandeglang)

Supiatna, Nana (2023) Tinjauan Hukum Islam Tentang Larangan Menikah di Bulan Syawal (Studi Kasus di Desa Cilentung Kecamatan Pulosari Kabupaten Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HKI_161110107_Cover.pdf

Download (105kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HKI_161110107_Lampiran Depan.pdf

Download (547kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HKI_161110107_BAB I.pdf

Download (467kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_HKI_161110107_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (303kB)
[img] Teks
S_HKI_161110107_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (469kB)
[img] Teks
S_HKI_161110107_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (348kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HKI_161110107_BAB V.pdf

Download (307kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HKI_161110107_Daftar Pustaka.pdf

Download (260kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Dalam Islam pernikahan adalah ajaran yang berlandasan al-Qur’an dan As-Sunnah dan setiap keluarga menginginnkan keluarga yang bahagia. Oleh karena itu tidak heran jika setiap insan memilih pasangan hidupnya secara berhati-hati, akan tetapi menurut hukum adat, pada umumnya di Indonesia pernikahan bukan hanya soal ikatan perdata saja, tetapi juga merupakan ikatan adat sekaligus merupakan ikatan kekerabatan dan ketetanggaan kemudian bagaimana jika suatu adat melarang Pernikahan di bulan syawal padahal hal tersebut bukanlah ketentuan yang ditetapkan dalam Al-Qur’an akan tetapi menjadi suatu tradisi dan ketakutan yang tidak boleh dilanggar masyarakat Desa Cilentung, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pandeglang. Berdasarkan latar belakang diatas, perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1). Bagaimana tanggapan masyarakat Desa Cilentung Kecamatan Pulosari Kab Pandeglang tentang larangan menikah di bulan Syawal? 2). Apakah yang melatarbelakangi larangan menikah di bulan Syawal di Desa Cilentung Kecamatan Pulosari Kabupaten Pandeglang? 3). Bagaimana pandangan Islam mengenai larangan menikah di bulan Syawal? Tujuan Penelitian ini adalah: 1). Untuk mengetahui tanggapan masyarakat Desa Cilentung Kecamatan Pulosari Kabupaten Pandeglang, tentang larangan menikah di bulan Syawal. 2). Untuk mengetahui yang melatarbelakangi Desa Cilentung Kecamatan Pulosari Kabupaten Pandeglang tentang larangan menikah di bulan Syawal. dan 3). Untuk mengetahui pandangan Islam mengenai larangan menikah di bulan Syawal. Adapun jenis penelitian ini dilakukan menggunakan jenis penelitian lapangan (field rasearch), yaitu penelitian yang bertujuan mempelajari secara intensif latar belakang dan keadaan lingkungan yang terjadi pada suatu satuan sosial, atau penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dimana penulis mengamati dan berpartisipasi ssecara langsung dalam penelitian budaya setempat Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa larangan pernikahan di bulan syawal Desa Cilentung sudah menjadi tradisi yang sangat melekat dan ditakuti karena mereka percaya bahwa jika suatu tradisi atau budaya yang ditetapkan sejak zaman dahulu dari (Nenek Moyang) dilanggar maka akan menyebabkan kerugian entah bagi pelaksana pernikahan ataupun yang berpartisipasi, seperti terjadinya kematian, perceraian di usia dini ataupun kesialan lainnya dalam pernikahan hal ini telah disepakati oleh masyarakat Desa Cilentung diantaranya bapak Bahrudin dan Konjaya selaku tokoh agama, bapak Mansyur selaku tokoh masyarakat bahkan bapak Ali dan ibu Suryati selaku masyarakat setempat. Jika dilihat dari sudut pandang Islam tradisi larangan menikah di bulan syawal sangat bertentangan dalam Islam karena Islam menganggap bahwa pernikahan di bulan syawal ialah bulan terbaik untuk melaksanakan pernikahan sebagaiman Rasulullah SAW dan Siti Aisyah melaksanakan pernikahan tepat di bulan syawal.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.3 Hukum Perkawinan / Munakahat > 2x4.31 Nikah
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Keluarga
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 27 Apr 2023 08:55
Perubahan Terakhir: 28 Apr 2023 01:49
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12330

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.