Media dalam Perkara Perceraian

Ma'rifah, Nurul (2015) Media dalam Perkara Perceraian. Saintifika Islamica: Jurnal Kajian Keislaman, 2(1). pp. 77-86. ISSN 2407-053X

[img]
Pra Tinjau
Teks
Mediasi dalam Perkara Perceraian.pdf

Download (2MB) | Pra Tinjau

Abstrak

Fitrah manusialaki-laki dan perempuan untuk bersatu dalam ikatan perkawinan sebagai sarana ibadah kepada Allah Swt. Perkawinan pada dasarnya ikatan suci antara seorang laki-laki dan perempuan untuk membentuk rumah tangga yang sakinah mawaddab dan warohmah atas dasar cinta kasib. Perkawinan mengikat antar dua orang yang memiliki perbedaan membawa kepada konsekuensi konflik perkawinan. Konflik perkawinan yang tidak terselesaikan membawa kepada pihak suami atau istri mengajukan gugatan perkara perceraian ke Pengadilan Agama. Perceraian sering disebut dengan thalak. Thalak adalah lepasnya suatu ikatan perkawinan dan berakhirnya bubungan perkawinan. Berakhirnya bubungan perkawinan antara suami istri diakibatkan kehendak Allah Swt, kehendak Suami, kebendak istri dan keputusan Majelis Hakim. Agar perkara perceraian tidak sampai kepada Putusan Hakim diterimaya guguatan perceraian oleh pihak suami atau istri, hakim berkewajiban memfasilitasi para pihak berperkara melakukan mediasi dengan mediator yang ditunjuk melalui Surat Keputusan majelis hakim. Mediasi adalah penyelesaian sengketa melalui proses perundingan para pihak dengan dibantu oleh mediator. Pelaksanaan mediasi antara 15 sampai 21 bari, atau 40 sampai 55 hari apabila perkara perceraian yang akan diputuskan tergolong berat. Tahapan-tahapan mediasi meliputi pra mediasi, pelaksanaan mediasi, dan implementasi mediasi. Manfaat terbesar dari keberhasilan mediasi dalam perkara perceraian adalah dijatuhkan putusan Majelis Hakim tentang telah terjadinya perdamaian antar pihak berperkara yang dibuktikan dengan ditandatanganinya akta perdamaian.

Tipe Item/Data: Artikel
Kata Kunci (keywords): Perkawinan, Thalak, Para Pihak, Mediasi, Akta Perdamaian
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.3 Hukum Perkawinan / Munakahat
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 18 Apr 2023 05:02
Perubahan Terakhir: 18 Apr 2023 05:02
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12271

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.