Menggali dan Menemukan Konsep Maqasid Syari'ah dalam Pohon Ilmu Hukum Indonesia

Ma'rifah, Nurul (2019) Menggali dan Menemukan Konsep Maqasid Syari'ah dalam Pohon Ilmu Hukum Indonesia. Istinbath: Jurnal Hukum, 16(2). pp. 248-264. ISSN 2527-3973

[img]
Pra Tinjau
Teks (Index Plagiarisme)
Menggali dan Menemukan Konsep Maqasid Syari'ah dalam Pohon Ilmu Hukum Indonesia.pdf

Download (3MB) | Pra Tinjau

Abstrak

Islam mempunyai konsep dalam mengatur kehidupan umat Islam agar berjalan sesuai aturan dan memberi manfaat bagi manusia agar terwujudnya maqashid syari'ah. Maqashid Syari'ah terdapat pada empat hal, pertama, hikmah dibalik suatu hukum. Kedua. Tujuan akhir yang baik yang hendak dicapai oleh hukum. Ketiga, kelompok tujuan Ilahiyah dan konsep moral yang menjadi basis dari hukum. Keempat, Mashalih. Ilmu Hukum Indonesia dapat digambarkan dalam sebuah pohon yang disebut pohon ilmu hukum Indonesia. Ilmu hukum mengalami pergeseran dari yang semula merupakan bagian dari filsafat dan sastra kemudian menjadi bagian dari humaniora, membawa implikasi terjadinya perubahan dalam pendekatan dan metode penelitiannya. Secara asasi hukum di indonesia berlandaskan pada pancasila, dan nilai-nilai pancasila tidak bertentangan dengan maqashid syari'ah, sehingga bisa disimpulkan bahwa magashid syari'ah untuk ke Indonesiaan adalah Pancasila. Dalam penerapan kelima sila nya saling berkaitan dan melengkapi bukan meniadakan atau mengutamakan sebagian atas lainnya, sebagaimana konsep tradisional tentang dharuriyat, hajjiyat dan tahsiniyyat.

Tipe Item/Data: Artikel
Kata Kunci (keywords): Maqashid Syari'ah, Pancasila, Pohon Ilmu
Subjek: 2x4 Fiqh
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 18 Apr 2023 04:51
Perubahan Terakhir: 18 Apr 2023 04:51
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12267

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.