Kontribusi Kompetensi Kepala Madrasah Dalam Peningkatan Mutu Layanan Guru Pada Era Digital 4.0

Apud, Apud and Muhajir, Nur Muhammad Najmi and Aulia, Syifa Kontribusi Kompetensi Kepala Madrasah Dalam Peningkatan Mutu Layanan Guru Pada Era Digital 4.0. UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
Buku Monograf hasil Penelitian -2021.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk; (1) Mendeskripsikan kompetensi kepala MAN 1 Pandeglang, (2) Mendeskripsikan Mutu layanan guru MAN 1 Pandeglang, dan (3) Mendeskripsikan kontribusi kompetensi kepala MAN 1 Pandeglang dalam peningkatan mutu layanan guru. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptifkualitatif yang berlokasi di MAN 1 Pandeglang, tehnik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedang teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan/verifikas. Hasil penelitian menunjukkan, (1) Kompetensi kepala MAN 1 Pandeglang cukup baik terlihat dari upaya yang sungguh-sungguh dalam mengelola madrasah, membangun budaya disiplin dan karakter, melakukan konsolidasi, dan program peningkatan profesionalisme pendidik dan tenaga kependidikan; (2) Mutu layanan guru di MAN 1 Pandeglang cukup bagus karena hampir semua guru telah memiliki sertifikat pendidik. Di samping itu madrasah melakukan kegiatan pengembangan mutu guru melalui kegiatan supervisi akademik secara terjadwal dan peningkatan keprofesian berkelanjutan (PKB); dan (3) Kontribusi kompetensi kepala MAN 1 Pandeglang dalam mutu layanan guru dilakukan melalu kegiatan supervisi akademik, melalui tahap perencanaan, supervisi perangkat pembelajaran, evaluasi hasil supervisi, dan melakukan tindak lanjut hasil supervisi; dan melalu program pengembangan keprofesian berkelanjutan yang dilakukan secara bertahap dengan mengenalkan semua guru untuk menguasai Web system penbelajaran dalam rangka merespon era digital 4.0 dan tuntutan online learning masa pandemic covid-19.

Tipe Item/Data: Buku
Kata Kunci (keywords): Kompetensi Kepala Madrasah dan Mutu Layanan Guru
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 17 Apr 2023 07:08
Perubahan Terakhir: 09 Okt 2023 09:00
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12227

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.