Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qurán pada Kanak-kanak Melalui Pembinaan dan Pelatihan di Kampung Kecacang, Kelurahan Sawah Luhur, Kecamatan Kasemen, Kota Serang

Mahfudz, A and Muhibuddin, Muhibuddin and Nurwahyu, Tb. (2023) Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qurán pada Kanak-kanak Melalui Pembinaan dan Pelatihan di Kampung Kecacang, Kelurahan Sawah Luhur, Kecamatan Kasemen, Kota Serang. LP2M, Serang. (Diserahkan (Submitted))

[img]
Pra Tinjau
Teks
LAPORAN PKM 2018_MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA AL-QURÁN.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau

Abstrak

Pengabdian masyarakat merupakan salah satu bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam upaya membantu masyarakat untuk memperbaiki sesuatu yang dianggap penting. Pengabdian masyarakat kali ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan membaca al-qur’an pada kanak-kanak melalui pembinaan dan pelatihan di Kampung Kecacang, Kelurahan Sawah Luhur, Kecamatan Kasemen, Kota Serang. Lokasi ini dipilih salah satunya karena merupakan salah satu kampung binaan Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) Universitas Sultan Maulana Hasanuddin (SMH). Metode yang dilakukan dalam melaksanakan program ini melalui beberapa tahap, yaitu: sosialisasi, persiapan, pelasanaan dan evaluasi. Beberapa mahasiswa KPI juga turut dilibatkan dalam pengabdian ini. Mereka turut membantu mengumpulkan kanak-kanak di Kampung kecacang untuk di bina dan dilatih secara kelompok dalam upaya peningkatan kemampuan bacaan al-Qur’annya. Dari hasil pengabdian ditemukan bahwa kemampuan bacaan al-Qur’an pada kanak-kanak di Kampung Kecacang nyaris memprihatinkan karena minmnya jumlah tenaga pengajar, tidak dapat membaca iqra karena terbiasa memulai mengaji melalui tuturutan. Melihat hal tersebut, pengabdi melakukan pembinaan dan pelatihan yang mendasar untuk kanak-kanak di Kampung Kecacang yang dimulai dengan bacaan iqra.

Tipe Item/Data: Buku
Subjek: 2x1 Al Quran dan ilmu yang terkait > 2x1.1 Ilmu-ilmu Al-Quran > 2x1.12 Ilmu-ilmu qiraat > 2x1.121 Tajwid
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: M.Si. Muhibuddin
Tanggal Disetorkan: 17 Apr 2023 06:17
Perubahan Terakhir: 01 Apr 2024 02:34
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12176

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.