Pelatihan Literasi Media bagi Remaja Desa Sampang Bitung, Kecamatan Jiput, Kabupaten Lebak

Muhibuddin, Muhibuddin (2023) Pelatihan Literasi Media bagi Remaja Desa Sampang Bitung, Kecamatan Jiput, Kabupaten Lebak. LP2M, Serang. (Diserahkan (Submitted))

[img]
Pra Tinjau
Teks
LAPORAN PKM 2017_PELATIHAN LITERASI MEDIA BAGI REMAJA.pdf

Download (409kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Setiap hari, kita diterpa oleh ribuan pesan media: iklan, berita, hiburan, informasi yang berbeda dari radio, koran, TV, film, VCD/DVD, poster di jalan-jalan, stiker dan iklan di mobil dan bis, masuk ke dalam handphone kita, dsb. TV masih mendominasi semua media yang ada. Media “mengepung” kita dengan pesan-pesannya yang pada akhirnya bertujuan untuk membujuk kita agar mengikuti apa yang mereka inginkan. Kalau itu adalah hal yang baik, tidak menjadi masalah. Tapi, apakah media selalu berisi pesan-pesan yang baik? Anak dan remaja adalah kelompok dalam masyarakat yang rawan terhadap pengaruh media massa, sehingga perlu ada upaya yang harus kita lakukan. Daya kritis mereka belum terbentuk, jam mengkonsumsi medianya tinggi, sementara isi medianya banyak yang tidak aman. Juga, peran orangtua belum optimal. Budaya literasi bermanfaat untuk menangkal dampak negatif dan mengambil manfaat positif siaran televisi sebagai media pendidikan dan informasi. Budaya literasi media televisi diperlukan karena siaran televisi adalah bukan peristiwa sebenarnya, akan tetapi hasil produksi dan rekayasa industri media.

Tipe Item/Data: Buku
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 380 Commerce, komunikasi & transportasi > 384 Communications; telecommunication
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: M.Si. Muhibuddin
Tanggal Disetorkan: 17 Apr 2023 06:17
Perubahan Terakhir: 01 Apr 2024 02:46
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12175

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.