Moderasi Beragama dalam Masyarakat Multikultural (Studi Kasus Kecamatan Kramatwatu)

Hendriani, Aan and Maulidin, Achmad and Royani, Ahmad and Suherman, Ahmad and Nurasikin, Agus (2023) Moderasi Beragama dalam Masyarakat Multikultural (Studi Kasus Kecamatan Kramatwatu). Media Karya Publishing, Serang. ISBN 978-623-5594-07-1

[img]
Pra Tinjau
Teks
EDITOR BUKU_MODERASI BERAGAMA DALAM MASYARAKAT MULTIKULTURAL.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau

Abstrak

Indonesia merupakan negara kesatuan, mempunyai banyak keberagaman yang menggabungkan berbagai kebangsaan, dialek, agama, identitas, dan masyarakat. Keberagaman bisa membuat integritas yang mengikat masyarakat namun bisa membuat terjadinya konflik antar masyarakat, ras, kebangsaan, agama, dan nilai kehidupan. Karena ragam ini Indonesia memiliki semboyan yaitu Bhinneka Tunggal Ika yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu. Sebagai bangsa yang beraneka ragam untuk menjaga solidaritas publik, diperlukan adanya moderasi dalam agama agar tidak adaperilaku kemerosotan yang dapat memecah belah suatu negara. Namun, kebenaran mayoritas tersebut juga bisa menjadi ujian besar jika tidak dirawat dengan baik dan hati-hati, bahkan akan menjadi bahaya perpecahan yang bisa merobek keamanan dan kerukunan sosial. Berkaitan dengan agama di Indonesia, sering terjadi perselisihan antar golongan dan golongan lainnya yang berbeda, beberapa di antaranya disebabkan oleh perbedaan dalam kesepakatan dan standar penalaran. Dalam hal ini masyarakat harus lebih menggunakan istilah moderasi beragama dalam kehidupan sosial. Karena konkordansi kehidupan yang beragama merupakan salah satu tujuan dari kemajuan bidang beragama di Indonesia. Moderasi beragama menjadi unsur yang dibutuhkan dalam rangka menumbuhkan sikap saling memahami dan menghargai perbedaan, dengan harapan dapat mewujudkan kerukunan antar umat beragama dalam bermasyarakat.

Tipe Item/Data: Buku
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 301 Sosiologi & antropologi
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: M.Si. Muhibuddin
Tanggal Disetorkan: 17 Apr 2023 06:17
Perubahan Terakhir: 01 Apr 2024 02:10
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12173

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.