Melestarikan Warisan Budaya Melalui Seni Kaligrafi sebagai Bentuk Moderasi Beragama

Nurwindah, Utik and Anwar, Aldi Kartacasmita and Rizki, Yoan Saputra and Budi, Ahmad Setiawan and Apriani, Yanti (2023) Melestarikan Warisan Budaya Melalui Seni Kaligrafi sebagai Bentuk Moderasi Beragama. FUDPress, Serang. ISBN 978-602-8748-71-1

[img]
Pra Tinjau
Teks
EDITOR BUKU_MELESTARIKAN WARISAN BUDAYA SENI.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau

Abstrak

Kaligrafi adalah hasil dari sebuah keindahan goresan pena dan tinta yang dikomunikasikan melalui panca indera, baik itu dari peran pikiran, mata, hati, serta kedua tangan sang penulis. Lebih lanjut, keahlian ini adalah sebuah gaya atau karya seni yang memiliki komposisi yang sangat indah dan merupakan jenis keterampilan tangan yang digabungkan dengan peran pikiran, mata hati, serta perasaan dari penulisnya. Kaligrafi merupakan puncak seni Islam yang memiliki nilai seni secara ganda. Pertama ia merupakan arabesque yang tampak, yang terdiri dari garis yang lentur yang bisa dibentuk menjadi berombak, direntangkan, dibengkokkan, dimiringkan, dibentuk menjadi desain yang kaku, patah, bersiku-siku atau kursif, dan dihiasi diberi hiasan bunga menjadi pola geometris. Kedua, isi diskursif dari kata-kata yang menyajikan sesuatu secara langsung pada pikiran, disamping apa yang disuguhkan pada indra. Disini biasanya berlaku pada ayat-ayat Al-Quran dan hadist Nabi.

Tipe Item/Data: Buku
Subjek: 2x6 Sosial dan budaya > 2x6.7 Kesenian > 2x6.76 Khat dan kaligrafi
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: M.Si. Muhibuddin
Tanggal Disetorkan: 17 Apr 2023 06:17
Perubahan Terakhir: 01 Apr 2024 02:55
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12172

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.