Internalisasi Keimanan dalam Membaca al-Qur'an (Studi Living Qur'an Pada Gerakan Tadarus al-Qur'an di Trotoar)

Anwar, Endang Saeful (2023) Internalisasi Keimanan dalam Membaca al-Qur'an (Studi Living Qur'an Pada Gerakan Tadarus al-Qur'an di Trotoar). LP2M, Serang Banten. (Diserahkan (Submitted))

[img]
Pra Tinjau
Teks
Kolaborasi Mengaji di Trotoar.pdf

Download (6MB) | Pra Tinjau

Abstrak

Salah satu fenomena sosial living Qur’an yang terjadi dalam masyarakat Islam yang menjadi objek kajian penelitian ini adalah gerakan tadarus al-Qur’an di Torotoar. Gerakan ini marak terjadi di tahun 2022, tepatnya pada bulan Maret dan April. Diawali di Yogyakarta, kemudian meluas dan menyebar ke berbagai kota lain di provinsi yang berbeda, seperti Jakarta, Banten, Jawa Barat, hingga Riau. Tadarus Al-Qur’an yang memiliki sasaran peningkatan keimanan, juga identik dengan sakralitas di tempat ibadah, tempat suci baik ruang private maupun publik keagamaan, kini mengalami perubahan. Perubahan yang terjadi, dikhawatirkan bukan hanya sekedar perubahan ruang, yakni di trotoar yang merupakan representasi ruang publik tetapi juga perubahan sasaran dari pada tadarus al-Quran itu sendiri.

Tipe Item/Data: Buku
Subjek: 2x1 Al Quran dan ilmu yang terkait > 2x1.5 Kritik dan komentar mengenai Al Quran
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Ilmu Alquran Dan Tafsir
User Penyetor: Lc. M.A Dr. Endang Saeful Anwar
Tanggal Disetorkan: 17 Apr 2023 06:16
Perubahan Terakhir: 17 Apr 2023 06:16
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12170

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.