Interaksi Sosial Keagamaan Masyarakat Migran Kawasan Sentra Bata di Lingkungan Sambiranggon Kota Cilegon

Furqonuddin, Asep and Muhibuddin, Muhibuddin (2023) Interaksi Sosial Keagamaan Masyarakat Migran Kawasan Sentra Bata di Lingkungan Sambiranggon Kota Cilegon. Pusat Penelitian dan Penerbitan LP2M UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, Serang. (Diserahkan (Submitted))

[img]
Pra Tinjau
Teks
LAPORAN PENELITIAN 2018_KOMUNIKASI POLITIK PEREMPUAN MUSLIM INDONESIA.pdf

Download (883kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Di Lingkungan Sambiranggon Kelurahan Karang Asem Kecamatan Cibeber Kota Cilegon terdapat sebuah komintas masyarakat migran yang berasal dari daerah Jawa terutama Jawa Tengah yang berprofesi sebagai pembuat batu bata yang pemahaman agama masih di kenal dengan Islam abangan yang dalam keseharianya sibuk bekerja membuat batu bata, dari kondisi tersebyut maka akan terjadi interaksi sosial keagamaan baik di lingkungan masayarakat migran maupun dengan masyarakat sekitarnya. Hasil penilitan terlihat bahwa Rendahnya Interaksi sosial keagamaan masyarakat lio bata dikaibatkan rendahnya pemahaman Agama dan kurangnya fasilitas Ibadah di lingkungan lio bata serta rasa lelah akibat bekerja membuat batu bata sehingga waktu kebanyakan digunakan untuk bekrja dan beristirahat.. Interaksi sosial dengan masyarakat sekitar terjadi walaupun tidak begitu banyak ini diakibatkan jarak yang lumayan cukup jauh dan juga kelelahan karena kebanyakan bekerja membuat batu bata, hanya sebatas gotong royong dan infak ketika ada pembangunan tempat ibadah dan Tak sedikit dari mereka yang tidak melaksanakan solat jum`at dan lagi-lagi beralaskan karena jarak yang cukup jauh.

Tipe Item/Data: Buku
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 302 Interaksi sosial
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: M.Si. Muhibuddin
Tanggal Disetorkan: 17 Apr 2023 06:16
Perubahan Terakhir: 28 Mar 2024 07:45
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12163

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.