Pesantren; Akar Tradisi dan Modernisasi

Ghufron, Zaki (2014) Pesantren; Akar Tradisi dan Modernisasi. Al Qalam (Jurnal Kajian Keislaman), 31 (1). pp. 137-161. ISSN 1410-3222

This is the latest version of this item.

[img]
Pra Tinjau
Teks
Pesantren, Akar Tradisi dan Modernisasi.pdf

Download (304kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
Hasil Turnitin Pesantren, Akar Tradisi dan Modernisasi.pdf

Download (4MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
Sertifikat Akreditas Al Qalam dan Lampiran SK DIkTI 2012 no urut 1.pdf

Download (473kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam yang memiliki tradisi yang mengakar dalam kehidupan masyarakat Muslim Indonesia.Lembaga ini telah menunjukkan eksistensinya jauh sebelum era penjajahan, dan telah mengalami berbagai macam reformasi dan modernisasi sistem pembelajaran yang dianutnya. Dalam perjalanan panjangnya sebagai langkah modernisasi sistem pembelajaran dan penyediaan layanan pendidikan yang layak untuk masyarakat Indonesia, pesantren juga tidak lekang dari isu dan ideologi transnasional, yang mengakibatkan munculnya stereotype dan tidak berdasar pada argumentasi yang memadai sebagai landasan pandangan terhadap dunia pesantren, khususnya di Indonesia. Pembahasan ini diarahkan untuk menjelaskan keberadaan dan posisi dunia pesantren yang sesungguhnya dalam kehidupan masyarakat Indonesia, melalui deskripsi yang komprehensif dan berdasarkan pada beberapa hasil penelitian terdahulu berkenaan dengan ideologi dan sistem pembelajaran yang dianut oleh beberapa pesantren di Indonesia. Selain itu juga, pembahasan ini berusaha membantah pandangan komunal dunia Barat terhadap pesantren, sekaligus memberi kesimpulan bahwa pada kenyataannya sebagian besar pesantren di Indonesia masih berada di pihak pemerintah, dan turut serta dalam penegakan demokrasi di Tanah Air.

Tipe Item/Data: Artikel
Subjek: 000 Ilmu komputer, pengetahuan & sistem > 001 Pengetahuan
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: B.Ed., MA Dr. Zaki Ghufron
Tanggal Disetorkan: 17 Apr 2023 01:38
Perubahan Terakhir: 17 Apr 2023 01:38
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12149

Available Versions of this Item

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.