RELEVANSI MUATAN KURIKULUM KKNI PROGRAM STUDI PAI DENGAN KEBUTUHAN MENGAJAR MAPEL PAI DI SEKOLAH

Saefudin Zuhri, Saefudin RELEVANSI MUATAN KURIKULUM KKNI PROGRAM STUDI PAI DENGAN KEBUTUHAN MENGAJAR MAPEL PAI DI SEKOLAH. Laporan Teknikal. Media Madani.

[img]
Pra Tinjau
Teks
Saefudin Zuhri-150-BP.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau

Abstrak

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis relevansi muatan kurikulum KKNI program studi Pendidikan Agama Islam dengan kompetensi dasar pada pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Pandeglang. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif descriptive yang menyuguhkan data relevan dengan kondisi data nyata denga menggunakan mix method. Data-data yang dipakai di dalam penelitian ini merupakan data sekunder yang berasal dari (1) Dosen-dosen prodi PAI UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten pengampu mata kuliah kegamaan dalam bentuk Rencana Pembelajaran Semester (RPS); (2) Guru-guru SMAN di Kabupaten Pandeglang pengampu mata pelajaran PAI dalam bentuk dokumen KI/KD dan Silabus. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat relevansi atau kesesuaian antara kurikulum KKNI prodi PAI UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten dengan kurikulum SMAN pada mata pelajaran PAI. Relavansi tersebut dapat terlihat dari besaran prosentase yang tergambar pada setiap kelas, yakni (1) Tingkat kesesuaian kurikulum pada kelas X dideskripsikan 65,90% - 77,27% menunjukan sangat sesuai. (2) Tingkat kesesuaian kurikulum pada kelas XI menunjukan angka 68,18% - 81,81%. (3) Tingkat kesesuaian kurikulum pada kelas XII didapatkan prosentase 56,25% - 87,5%. Kata Kunci: Relevansi, Kurikulum, PAI

Tipe Item/Data: Monografi (Laporan Teknikal)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: M.Pd Saefudin Zuhri
Tanggal Disetorkan: 17 Apr 2023 06:18
Perubahan Terakhir: 17 Apr 2023 06:18
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12140

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.