Ekofeminisme dan Pembangunan Berkelanjutan di Provinsi Banten (Studi Kasus Peran dan Aktivitas NGO Laz Harfa)

Alawiyyah, Azizah and Nova Sudrajat Nur, Gian and Zainuddin, Fuad (2022) Ekofeminisme dan Pembangunan Berkelanjutan di Provinsi Banten (Studi Kasus Peran dan Aktivitas NGO Laz Harfa). Media Madani, Serang. ISBN 978-623-430-055-0 (Diserahkan (Submitted))

[img]
Pra Tinjau
Teks
AZIZAH ALAWIYYAH-EKOFEMINISME - Copy.pdf

Download (2MB) | Pra Tinjau

Abstrak

Fokus penelitian ini mengenai Sustainable Development Goals (SDGs) atau yang dikenal juga dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) di Provinsi Banten dengan melihat peran pemerintah daerah, Non Government Organization (NGO) LAZ- Harfa, dan partisipasi aktif perempuan dalam pengelolaan lingkungan dan sumberdaya alam melalui analisis narasi otobiografis perempuan dari NGO LAZ Harfa dan penerima manfaat programnya. Dengan menggunakan teori ekofeminisme, pemberdayaan masyarakat, dan konsep pembangunan berkelanjutan ditunjukkan bahwa pembangunan berkelanjutan sangat perlu melibatkan partisipasi aktif dari perempuan. Melalui metode kualitatif dengan pendekatan etnometodologi dan otobiografi, diperlihatkan bahwa program SDGs yang dilakukan oleh pemerintah cenderung top down, dan belum banyak mengintegrasikan antar tujuan. Selain itu, ditunjukkan bahwa peran dan aktivitas LAZ Harfa dapat dikategorikan sebagai gerakan ekofeminisme. Hal itu dilihat melalui programnya yang menampilkan pelibatan aktif perempuan dalam pengelolaan lingkungan dan sumber daya alam. Selain itu, melalui pelibatan aktif perempuan, ketercapaian tujuan pembangunan berkelanjutan tidak bersifat parsial, saja, melainkan berdampak pada tercapainya tujuan yang lain. Ditunjukkan juga bahwa pengetahuan dan pengalaman perempuan lokal diasumsikan sebagai sumber daya yang penting dalam pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan.

Tipe Item/Data: Buku
Kata Kunci (keywords): Ekofeminisme, Feminisme, Lingkungan, SDGs, NGO
Subjek: 000 Ilmu komputer, pengetahuan & sistem > 002 Buku
User Penyetor: B. Ed., MA Azizah Alawiyyah
Tanggal Disetorkan: 14 Apr 2023 06:20
Perubahan Terakhir: 17 Apr 2023 01:10
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12123

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.