Religi Masyarakat Pesisir (Studi Atas Ritual Ruwat Laut Masyarakat Pesisir Banten, Jawa, dan Ternate)

Alawiyyah, Azizah (2020) Religi Masyarakat Pesisir (Studi Atas Ritual Ruwat Laut Masyarakat Pesisir Banten, Jawa, dan Ternate). LP2M UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, Serang. ISBN 978-623-6030-01-1 (Diserahkan (Submitted))

[img]
Pra Tinjau
Teks
2020-RELIGI MASYARAKAT PESISIR.pdf

Download (6MB) | Pra Tinjau

Abstrak

Ruwat laut atau pesta laut merupakan tradisi tahunan yang umumnya dilakukan oleh masyarakat nelayan di pesisir Indonesia, khususnya di Pesisir Pantai Jawa, baik itu di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Banten. Tujuan dari ruwat laut ini selain bentuk rasa syukur atas karunia Tuhan atas hasil tangkapan ikan dan permohonan perlindungan dan keselamatan dari Para Penguasa Laut, juga merupakan salah satu upaya masyarakat dalam menjaga kelestarian budaya adat masyarakat pesisir.Perbedaan motif, bentuk, dan makna ritus ruwat laut pada masing-masing budaya dan komunitas tentu bergantung pada konteks sosial dan budaya di mana ritus itu dilakukan. Ritual ruwat laut masyarakat Banten mungkin berbeda dengan upacara ruwat laut pada masyarakat pesisir Jawa, Ternate dan lain sebagainya. Penelitian ini mencoba menggali karakteristik dan kekhasan upacara ruwat laut di wilayah pesisir Banten, Jawa, dan Ternate.

Tipe Item/Data: Buku
Kata Kunci (keywords): Ruwat Laut, Religi
Subjek: 000 Ilmu komputer, pengetahuan & sistem > 002 Buku
User Penyetor: B. Ed., MA Azizah Alawiyyah
Tanggal Disetorkan: 14 Apr 2023 06:20
Perubahan Terakhir: 25 Mar 2024 03:57
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12119

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.