Konstruksi Kesalehan Sosial Generasi Muslim Milenial dalam Filantropi Islam di Kota Serang

Alawiyyah, Azizah (2019) Konstruksi Kesalehan Sosial Generasi Muslim Milenial dalam Filantropi Islam di Kota Serang. Media Madani, Serang. ISBN 978-623-6849-73-6 (Diserahkan (Submitted))

[img]
Pra Tinjau
Teks
2019-KONSTRUKSI KESALEHAN SOSIAL GENERASI MUSLIM.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau

Abstrak

Istilah generasi millennial memang sedang akrab terdengar. Istilah tersebut berasal dari millennials yang diciptakan oleh dua pakar sejarah dan penulis Amerika, William Strauss dan Neil Howe dalam beberapa bukunya. Millennial generation atau generasi Y juga akrab disebut generation me atau echo boomers.Topik keagamaan dan ekonomi termasuk yang paling menarik dan sering dibahas oleh generasi milenial, permasalahan ekonomi di negara Indonesia menggugah kepedulian generasi milenial untuk ikut berpartisipasi membangun ekonomi kerakyatan dan ekonomi kreatif, generasi ini terkesan cuek namun sangat kreatif, terbukti dengan banyaknya wirausahawan muda dibidang UMKM yang menggerakkan roda perekonomian negara Indonesia. Geliat generasi millennial kota Serang dalam bidang fiantropi sangat membantu pemerintah dalam penggalangan dana ketika bencana tiba, filantropi on line mulai massif di kota serang, dengan tujuan untuk mempermudah dalam ibadah, namun filantropi konvensional pun tidak begitu saja ditinggalkan. Budaya filantropi di kalangan generasi millennial di kota Serang semakin berkembang.Peningkatan dana filantropi di Indonesia sangat mempengaruhi berdirinya Lembaga filantropi serupa, yang dibentuk oleh ormas, LSM atapun independent. Berkembangnya sebuah agama di dalam suatu negera tidak hanya ditandai dengan semakin banyak jumlah penganutnya saja. Namun, juga bisa di tandai dengan menjalankan nilai-nilai keagamaan sebagai gaya hidup. Salah satunya kesalehan sosial muslim harus sejalan dengan kesalehan spiritual individu, bukan sekedar ritual yang wajib dilaksanakan namun sudah menjadi kebutuhan spiritual untuk ketenangan batin dan kepatuhan atas perintah sang pencipta yang dilaksanakan dengan sepenuh hati berharap ridha Alloh SWT.

Tipe Item/Data: Buku
Kata Kunci (keywords): Filantropi, Kesalehan Sosial, Generasi Milenial
Subjek: 000 Ilmu komputer, pengetahuan & sistem > 002 Buku
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: B. Ed., MA Azizah Alawiyyah
Tanggal Disetorkan: 14 Apr 2023 06:20
Perubahan Terakhir: 27 Mar 2024 02:47
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12113

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.