Paradigma Tafsir Emansipatoris dalam Memahami AlQuran (Studi atas Pemahaman Mahasiswa UIN SMH Banten terhadap Ayat-ayat Emansipatoris)

Alawiyyah, Azizah (2018) Paradigma Tafsir Emansipatoris dalam Memahami AlQuran (Studi atas Pemahaman Mahasiswa UIN SMH Banten terhadap Ayat-ayat Emansipatoris). LP2M IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, Serang.

[img]
Pra Tinjau
Teks
2018-PARADIGMA TAFSIR EMANSIPATORIS PARADIGMA TAFSIR EMANSIPATORIS.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau

Abstrak

Studi terhadap al-Qur'an dan metodologi interpretasi memang selalu mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Hal ini merupakan konsekuensi logis dari keinginan umat Islam untuk senantiasa mendialogkan alQur'an sebagai teks yang terbatas dengan problema sosial kemanusiaan yang dihadapi manusia sebagai konteks yang tak terbatas. Salah satu paradigma yang bisa digunakan untuk memahami dan memaknai kitab kitab suci adalah emansipatoris atau transformatif, yaitu paradigma yang diawali dari realita, memusat kepada emansipasi (kebebasan manusia), tidak menjadikan teks segala-galanya, tetapi dipergunakan dan berperan sebagai alat untuk mempertajam nurani dalam melihat problem kemanusiaan.Orientasi nalar tafsir tidak lagi bersifat teosentris atau pun ideologis, tetapi bersifat antroposentris. Tafsir yang memilih lokusnya pada problem kemanusiaan dan praktik pembebasan diistilahkan dengan nalar tafsir emansipatoris. Tafsir emansipatoris muncul sebagai solusi alternatif atas problematika intelektual dan meruahnya tantangan sosial. Wacana dan isu yang menjadi bahan kajiannya anatara lain modernism, kebebasan, kemiskinan, kebodohan, ketimpangan jender, politik yang menindas rakyat kecil, korupsi, diskriminasi, rasisme dan masalah-masalah sosial lainnya. Tafsir emansipatoris bertujuan menghidupkan e l a n v i t a l gerakan sosial yang bergerak pada problem-problem sosial kemanusiaan. Secara integral, tafsir emansipatoris tidak berhenti pada pembongkaran teks, tetapi teks dijadikan sebagai sarana pembebasan. Sebab, realitas dominasi tidak hanya pada wilayah wacana, tetapi juga dominasi bersifat riil dan materiil.Peran mahasiswa sangat penting dan strategis pada semua fungsi pendidikan. Dalam rangka mempersiapkan diri menuju kehidupan yang demokratis, yang di dalamnya antara lain ditandai oleh nilai-nilai kehidupan yang egalitarian dan humanis, peran mahasiswa sangat penting sebagai agen sosialisasi dan perubahan. Mahasiswa diharapkan dapat mengaplikasikan pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang diperolehnya dari perkuliahan di Perguruan Tinggi.

Tipe Item/Data: Buku
Informasi Tambahan: Editor: Dr. H. Endang Saeful Anwar, Lc., M.A.
Kata Kunci (keywords): Tafsir Emansipatory, Paradigma
Subjek: 000 Ilmu komputer, pengetahuan & sistem > 002 Buku
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Ilmu Alquran Dan Tafsir
User Penyetor: B. Ed., MA Azizah Alawiyyah
Tanggal Disetorkan: 14 Apr 2023 06:20
Perubahan Terakhir: 03 Mei 2023 01:13
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12107

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.