Eufemisme dan Disfemisme dalam Bahasa Komunikasi Pemerintah Kuwait di Masa Pandemi Covid-19

Ghufron, Zaki and Anwar, Endang Saeful (2021) Eufemisme dan Disfemisme dalam Bahasa Komunikasi Pemerintah Kuwait di Masa Pandemi Covid-19. Media Madani, Serang. ISBN 978-623-430-002-4

[img]
Pra Tinjau
Teks
Eufemisme dan Disfemisme dalam Bahasa Komunikasi Pemerintah Kuwait di Masa Pandemi Covid-19.pdf

Download (742kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
Hasil Turnitin Buku Eufemisme dan Disfemisme dalam Bahasa Komunikasi.pdf

Download (13MB) | Pra Tinjau

Abstrak

Eufemis dan disfemis dalam penyampaian informasi terkait hal-hal dan perkembangan terbaru mengenai Covid-19 di negara Kuwait. Hal ini digunakan dengan tujuan-tujuan tertentu. Adapun tujuan penggunaan bentuk eufemis yaitu menghindari penyebutan realitas negatif yang bertujuan untuk meminimalisir efek yang tidak baik dari ujaran yang terkesan menakutkan, mengkhawatirkan, membuat gaduh, menyinggung, menyakiti, tidak menghormati, maupun توفي melanggar norma sosial, seperti penggunaan kata daripada menggunakan kata مات. Penggunaan bentuk eufemis juga bertujuan untuk membangkitkan sikap optimis terhadap penduduk setempat dalam menghadapi pandemi virus corona, seperti penggunaan kata تعافى dibanding kata lainnya yang memiliki makna yang hampir sama. Adapun penggunaan bentuk disfemis yang digunakan oleh Kemenkes Kuwait dalam penyajian informasi seputar hal-hal yang berkaitan dengan Covid-19 di negera tersebut yaitu bertujuan untuk menakut-nakuti, menunjukkan kekesalan dan memberi peringatan sehingga lebih waspada lagi dalam menghadapi pandemi Covid 19, seperti penggunaan kata مرض secara langsung walaupun pada kesempatan lainnya, kata tersebut dihilangkan dan diganti dengan kata lainnya yaitu مصاب بالأذى, dan juga penggunaan kata كارثة daripada menggunakan kata جائحة yaitu bertujuan untuk memberikan peringatan tentang ancaman kesehatan yang serius yang disebabkan oleh virus corona.

Tipe Item/Data: Buku
Subjek: 400 Bahasa > 410 Linguistik
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
User Penyetor: B.Ed., MA Dr. Zaki Ghufron
Tanggal Disetorkan: 14 Apr 2023 06:20
Perubahan Terakhir: 14 Apr 2023 06:20
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12098

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.