Penerapan Kode Etik Jurnalistik dalam Surat Kabar (Studi Analisis Isi Berita dalam Rubrik Hukum dan Kriminal Surat Kabar Radar Banten)

Muhibuddin, Muhibuddin (2023) Penerapan Kode Etik Jurnalistik dalam Surat Kabar (Studi Analisis Isi Berita dalam Rubrik Hukum dan Kriminal Surat Kabar Radar Banten). LP2M, Serang. (Diserahkan (Submitted))

[img]
Pra Tinjau
Teks
LAPORAN PENELITIAN 2017_PENERAPAN KODE ETIK JURNALISTIK DALAM SURAT KABAR.pdf

Download (507kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Buku ini merupakan laporan penelitian individu yang dilaksanakan pada tahun 2017. Penelitian ini berangkat dari asumsi bahwa Kode Etik Jurnalistik merupakan landasan bagi setiap jurnalis atau wartawan dalam melakukan aktivitas jurnalistiknya. Dengan pendekatan analisis isi, peneliti mencoba untuk melakukan kajian terhadap penerapan kode etik jurnalistik dalam penulisan berita yang ada dalam Rubrik Hukum dan Kriminal Surat Kabar Radar Banten, khususnya yang berkenaan dengan Pasal 3, 4, dan 5 Kode Etik Jurnalistik. Hasil penelitian diketahui bahwa wartawan Radar Banten sudah patuh menerapkan Kode Etik Jurnalistik dalam penulisan beritanya walaupun masih ditemukan dugaan pelanggaran terhadap Pasal 3, masih ada berita yang tidak berimbang.

Tipe Item/Data: Buku
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 380 Commerce, komunikasi & transportasi > 384 Communications; telecommunication
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: M.Si. Muhibuddin
Tanggal Disetorkan: 17 Apr 2023 06:17
Perubahan Terakhir: 01 Apr 2024 02:46
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12065

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.