Negara, Kewarganegaraan, dan Kebebasan Beragama di Indonesia

Suryani, Ade Jaya and Ali, Mufti and Saefurohman, Saefurohman (2021) Negara, Kewarganegaraan, dan Kebebasan Beragama di Indonesia. A Empat, Serang. ISBN 978-623-6289-56-3

[img]
Pra Tinjau
Teks
Negara, Kewarganegaraan dan Kebebasan Beragama di Indonesia.pdf

Download (2MB) | Pra Tinjau

Abstrak

Pada November 2017 Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan permohonan gugatan yang dilakukan oleh penganut kepercayaan atas Undang-Undang Administrasi Kependudukan (adminduk) No. 23 Tahun 2006 dan Undang-Undang No. 24 Tahun 2013. Dalam undang-undang ini nama aliran kepercayaan didata, namun tidak boleh dicetak di Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK). Beberapa penganut aliran kepercayaan, termasuk Carlim dkk yang menggugat undang-undang ini ke MK, mengaku mendapatkan perlakuan diskriminatif dikarenakan kolom agama di KTP mereka kosong. Keputusan MK atas undang-undang adminduk ini menimbulkan pro dan kontra. Kelompok Muslim umumnya mengaku keberatan atas keputusan MK ini. Mereka berpikir bahwa MK, melalui keputusannya, seolah telah menyamakan agama dan kepercayaan. Penganut Kristen umumnya menerima keputusan ini bahkan mendorong pemerintah untuk segera melaksanakannya. Para penganut kepercayaan merasa cukup puas, meskipun keputusan ini masih belum sesuai dengan apa yang mereka harapkan. Ketidakpuasa ini muncul karena pada pelaksanaannya nama aliran kepercayaan tetap tidak bisa dicetak di KTP dan KK mereka. Pada kolom agama di KTP dan KK hanya ditulis “Aliran Kepercayaan: Kepercayaan Terhadap Tuhan YME”. Buku ini mendiskusikan keputusan dan pelaksanaan MK tersebut serta tanggapan penganut aliran kepercayaan, dalam hal ini penganut Sunda Wiwitan di Banten, Agama Djawa Sunda (ADS)/ Akur Sunda Wiwitan dan kepercayaan Suku Anak Dalam. Buku ini juga membahas tanggapan Islam, Kristen, Katolik dan Buddha atas keputusan MK ini.

Tipe Item/Data: Buku
Kata Kunci (keywords): Negara, Kewarganegaraan, Politik, Agama, Indonesia, Sipil, KTP, KK
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 320 Ilmu politik > 323 Sipil & politik hak
User Penyetor: Dr., M.A. Ade Jaya Suryani
Tanggal Disetorkan: 11 Apr 2023 07:54
Perubahan Terakhir: 25 Mar 2024 02:35
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11949

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.