Peran KH. Ahmad Shohibul Wafa Tajul Arifin Dalam Meredam Pemberontakan DI/TII di Tasikmalaya

Setiawan, Budi (2023) Peran KH. Ahmad Shohibul Wafa Tajul Arifin Dalam Meredam Pemberontakan DI/TII di Tasikmalaya. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_SPI_171350025_COVER.pdf

Download (108kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_SPI_171350025_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (317kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_SPI_171350025_BAB I.pdf

Download (216kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_SPI_171350025_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (458kB)
[img] Teks
S_SPI_171350025_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (267kB)
[img] Teks
S_SPI_171350025_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (216kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_SPI_171350025_BAB V.pdf

Download (91kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_SPI_171350025_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (548kB) | Pra Tinjau

Abstrak

KH. Ahmad Shohibul Wafa Tajul Arifin merupakan seorang ulama yang terkenal di Kampung Godebag Desa Tanjungkerta Kecamatan Pageurageung Kabupaten Tasikmlaya. Selain terkenal sebagai tokoh ulama dan pejuang yang melakukan kegiatan dakwah dan menyebarkan ilmu agama, KH. Ahmad Shohibul Wafa Tajul Arifin juga dikenal sebagai Mursyid Tarekat Qodiriyyah Naqsyabandiyah di Kampung Godebag Desa Tanjungkerta Kecamatan Pageurageung Kabupaten Tasikmalaya yang menolakan paham DI/TII yang dipimpin oleh Kartosuwiryo dikalanagan masyarakat Tasikmalaya. Berdasarkan latar belakang tersebut, perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Biografi KH Ahmad Shohibul Wafa Tajul Arifin? (2) Bagaimana Pemberontakan DI/TII di Tasikmalaya?, (3) Bagaimana Kontribusi KH Ahmad Shohibul Wafa TajulArifin Dalam Meredam Pemberontakan DI/TII di Tasikmalaya?. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui Biografi KH Ahmad Shohibul Wafa Tajul Arifin, (2) Untuk mengetahui Pemberontakan DI/TII di Tasikmalaya, (3) Untuk mengetahui peranan KH. Ahmad Shohibul Wafa Tajul Arifin Dalam Meredam Pemberontakan DI/TII di Tasikmalaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Penelitian Sejarah, melalui beberapa tahapan yaitu: Pemilihan Topik, Heuristik (Pengumpulan Sumber), Verifikasi (Kritik), Interpretasi (Penafsiran), dan Historiografi (Penulisan). KH. Ahmad Shohibul Wafa Tajul Arifin yang dikenal dengan sebutan Abah Anom dilahirkan pada 1 Januari 1915 di Pondok Pesantren Suryalaya Kampung Godebag Desa Tanjungkerta Kecamatan Pageurageung Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat. Dengan masuknya DI/TII dan berkembang di Jawa Barat. Adapun sasaran yang dituju adalah Pondok Pesantren Suryalaya yang berada di Kabupaten Tasikmalaya. Pada masa pemberontakan DI/TII KH Ahmad Shohibul Wafa Tajul Arifin dinyatakan oleh Pemimpin Darul Islam (DI) sebagai musuh besar yang harus dilenyapkan. Hal ini disebabkan oleh sikap tegas KH Ahmad Shohibul Wafa Tajul Arifin yang sejak awal menganggap DI/TII itu menghianati Republik Indonesia. Sebagai akibatnya Pondok Pesantren Suryalaya dilarang beroperasi oleh DI/TII dan ingin menghancurkan Pondok Pesantren Suryalaya namun hasilnya nihil. Kontribusi yang dilakukan oleh KH Ahmad Shohibul Wafa Tajul Arifin ialah menjaga kedaulatan NKRI dan menegaskan kepada seluruh santrinya untuk mengikuti Latihan Kemiliteran Dasar dan Bela Negara, supaya dapat menjaga keamanan dari serangan pasukan DI/TII.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Abah Anom, Tasikmalaya, Melawan DI/TII
Subjek: 2x9 Sejarah Islam dan Modernisasi > 2x9.7 Biografi tokoh-tokoh / pemuka-pemuka Islam
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Sejarah Dan Kebudayaan Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 11 Apr 2023 03:49
Perubahan Terakhir: 11 Apr 2023 03:49
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11942

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.