Laporan Penelitian Riset Kolaborasi Dosen dengan Mahasiswa: Cita Rasa Rempah Banten: Jejak Perniagaan Rempah dalam Kuliner Tradisional Banten

Wardah, Eva Syarifah and Fauziyah, Siti and Hujjah, Wasithotul Laporan Penelitian Riset Kolaborasi Dosen dengan Mahasiswa: Cita Rasa Rempah Banten: Jejak Perniagaan Rempah dalam Kuliner Tradisional Banten. Lainnya. Fakultas Ushuluddin dan Adab.

[img]
Pra Tinjau
Teks (LAPORAN PENELITIAN RISET KOLABORASI DOSEN DENGAN MAHASISWA)
Dr. Eva Syarifah Wardah_Daftar Isi oke (1).pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (97kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (CITA RASA REMPAH BANTEN: JEJAK PERNIAGAAN REMPAH DALAM KULINER TRADISIONAL BANTEN)
Dr. Eva Syarifah Wardah_Isi oke.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (743kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Keberadaan Banten sebagai jalur perniagaan di Nusantara sudah dimulai jauh sebelum Banten dibawah kekuasan Islam. Di bawah kesultanan, Banten tumbuh menjadi imperium sekaligus emporium yang banyak dikunjungi pedagang dari berbagai bangsa. Rempah-rempah yang menjadi komoditas primadona pada abad ke-16 menjadikan Banten tidak hanya sebagai bandar perdagangan intenasional tetapi juga sebagai penyuplai rempah-rempah dengan komoditas utamanya lada. Meskipun kejayaan Banten sebagai jalur rempah sudah memudar, namun jejak-jejak kejayaan Banten sebagai bagian dari jalur rempah dunia masih bisa disaksikan melalui tinggalan-tinggalan yang bersifat historis maupun tradisi yang masih dilestarikan oleh masyarakat Banten. Budidaya rempah�rempah masih dilakukan oleh masyarakat di Banten meskipun lada tidak lagi menjadi komoditas utama. Tradisi penggunaan rempah-rempah masih dilakukan oleh masyarakat terutama dalam pengobatan tradisional maupun kuliner tradisional. Keberadaan jalur rempah tidak hanya menggerakan perekonomian Banten di masa lampau tetapi juga telah mneyatukan berbagai kebudayaan dari berbagai suku bangsa. Beragamnya etnis yang datang dan tinggal di Banten menyebabkan akulturasi antara budaya lokal dengan budaya pendatang. Dari berbagai budaya yang masuk ke Banten terdapat tiga budaya yang tampak dominan mempengaruhi budaya masyarakat Banten, yaitu pengaruh Arab, Cina, dan Eropa. Kuliner tradisional yang bercita rasa rempah merupakan jejak keberadaan Banten sebagai jalur rempah yang bisa menjadi identitas budaya masyarakat Banten. Rempah-rempah tidak hanya menjadi penyedap masakan tetapi membuka pengetahuan bagaimana rempah-rempah menjadi penggerak sejarah dan budaya Banten.

Tipe Item/Data: Monografi (Lainnya)
Kata Kunci (keywords): Cita Rasa Rempah Banten, Jejak Perniagaan Rempah, Kuliner Tradisional Banten
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 306 Budaya & lembaga
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Sejarah Dan Kebudayaan Islam
User Penyetor: Ainun Najah
Tanggal Disetorkan: 11 Apr 2023 03:15
Perubahan Terakhir: 11 Apr 2023 03:15
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11934

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.