Naskah Khotbah Idul Fitri Kampung Lebak Desa Gunung Kaler Kecamatan Gunung Kaler Kabupaten Tangerang (Kajian Teks Dan Konteks)

Ramadhan, Ahmad Faisal (2023) Naskah Khotbah Idul Fitri Kampung Lebak Desa Gunung Kaler Kecamatan Gunung Kaler Kabupaten Tangerang (Kajian Teks Dan Konteks). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_SPI_171350017_COVER.pdf

Download (47kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_SPI_171350017_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (312kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_SPI_171350017_BAB I.pdf

Download (192kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_SPI_171350017_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (89kB)
[img] Teks
S_SPI_171350017_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (629kB)
[img] Teks
S_SPI_171350017_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (256kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_SPI_171350017_BAB V.pdf

Download (81kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_SPI_171350017_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (151kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Kecamatan Gunung Kaler terletak di wilayah Kabupaten Tangerang Provinsi Banten. Masyarakat Gunung Kaler memiliki kultur budaya campuran Jawa dan Sunda. Masyarakat Gunung Kaler seluruh penduduknya memeluk agama Islam, masyarakatnya memiliki ketataan beragama yang sangat tinggi. Peringatan hari raya Idul Fitri menjadi momentum penting bagi umat Islam. Hari raya Idul Fitri dimanfaatkan untuk kebaikan juga penyampaian pesan-pesan melalui khotbah Idul Fitri. Dengan ketataan masyarakatnya, Banten memiliki kebudayaan pada tradisi tulis. Hal tesebut terekam dengan banyak ditemukannya naskah-naskah peninggalan yang bercorak agama Islam. Salah satunya naskah khotbah Idul Fitri yang berada diKecamatann Gunung Kaler Kabupaten Tangerang. Berdasarkan latar belakang di atas, maka perumusan masalah dalam skripsi ini adalah: (1). Bagaimana gambaran umum Kecamatann Gunung Kaler Kabupaten Tangerang? (2). Bagaimana identifikasi, kritik teks, edisi teks & terjemah? (3). Bagaimana konteskstualisasi teks naskah khotbah Idul Fitri pada masyarakat Banten? Adapun tujuan dari skripsi ini adalah: (1). Mengetahui gambaran umum Kecamatann Gunung Kaler Kabupaten Tangerang. (2). Mengetahui identifikasi, kritik teks, edisi teks & terjemah. (3). Mengetahui konteskstualisasi teks naskah khotbah Idul Fitri pada masyarakat Banten. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode filologi yang meliputi: inventarisasi naskah, deskripsi naskah, kritik teks, transliterasi, suntingan (edisi) teks, terjemah, dan kontekstualisasi. Kesimpulan dari skripsi ini, yaitu naskah khotbah Idul Fitri ialah naskah yang berada di Kampung Lebak Desa Gunung Kaler Kecamatann Gunung Kaler, dengan pemilik naskah yaitu Marsani, yang merupakan warisan dari ayahnya. Terhitung naskah ini sudah empat generasi diwariskan. Naskah ini berupa gulungan memiliki panjang 153 cm. Adapun bentuk kesalahan yang ditemukan pada saat proses kritik teks yaitu berupa kesalahan substitusi, adisi dan omisi. Keberadaan naskah khotbah Idul Fitri di Banten tergolong langka. Materi yang terdapat dalam naskah Idul Fitri tentang membaca Al-Quran, zakat fitrah, dan puasa enam hari bulan Syawal.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): khotbah, Idul Fitri, Gunung Kaler
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 301 Sosiologi & antropologi
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Sejarah Dan Kebudayaan Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 10 Apr 2023 07:23
Perubahan Terakhir: 10 Apr 2023 07:23
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11930

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.