Pola Komunikasi Kyai dan Santri di Pondok Pesantren Al-Falah Pandeglang

Baejuri, Ahmad (2023) Pola Komunikasi Kyai dan Santri di Pondok Pesantren Al-Falah Pandeglang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_161330084_Cover.pdf

Download (188kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_161330084_Lampiran Depan.pdf

Download (626kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_161330084_BAB I.pdf

Download (572kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_KPI_161330084_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (511kB)
[img] Teks
S_KPI_161330084_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (323kB)
[img] Teks
S_KPI_161330084_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (590kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_161330084_BAB V.pdf

Download (10kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_161330084_Daftar Pustaka.pdf

Download (214kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Komunikasi merupakan suatu proses sosial yang sangat mendasar dan juga vital dalam kehidupan manusia. Dalam setiap komunikasi, manusia saling menyampaikan informasi yang dapat berupa pikiran, gagasan, maksud, perasaan, maupun emosi secara langsung. Kegiatan komunikasi ini berlangsung dari waktu ke waktu selama manusia hidup dan selama melakukan aktivitasnya, Begitu pula dalam hal pembelajaran di pondok pesantren. Di pesantren kyai membentuk sikap dan kepribadian santri baik di dalam maupun di luar pesantren. Proses belajar mengajar tersebut dapat berjalan dengan lancar apabila didukung oleh pola komunikasi yang baik dan perilaku yang santun antara kyai dengan santrinya ataupun sebaliknya. Untuk mencapai itu semua dibutuhkan terciptanya sebuah suasana komunikasi yang baik antara kyai dan santrinya. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana Pola Komunikasi KH. Ahmad Halwani, MA.Pd Di Pondok Pesantren Al-Falah Pandeglang? 2) Apa saja Faktor Pendukung dan Penghambat Dalam Komunikasi Dengan Santri? Adapun tujuan penelitian ini: 1) untuk mendeskripsikan Pola Komunikasi KH. Ahmad Halwani, MA.Pd Di Pondok Pesantren Al-Falah Pandeglang, 3) mendeskripsikan faktor yang dapat mendukung dan menghambat komunikasi dengan santri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif, mendeskripsikan Pola Komunikasi KH. Ahmad Halwani, MA.Pd Di Pondok Pesantren Al-Falah Pandeglang, dan mendeskripsikan faktor yang dapat mendukung dan menghambat komunikasi dengan santri. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini, 1) Pola komunikasi di pondok pesantren Al-Falah terdiri atas komunikasi interpersonal, komunikasi kelompok. 2) Sedangkan faktor pendukung komunikasi terhadap santri diantaranya letak pesantren yang strategis, sarana prasarana yang memadai, adanya dukungan dari masyarakat sekitar, dan adanya dukungan dari orang tua. Sementara faktor penghambat diantaranya hambatan semantik, hambatan antropologi atau kultural, dan hambatan psikologis

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pola Komunikasi, Kyai, Santri
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 306 Budaya & lembaga
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 06 Apr 2023 06:35
Perubahan Terakhir: 28 Mar 2024 07:02
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11892

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.