Peran Lembaga Amil Zakat (Harfa) dalam Pemberdayaan Masyarakat untuk Mewujudkan Program Desa Harapan (Studi pada Desa Sudimanik Kecamatan Cibaliung Kabupaten Pandeglang)

Sunariah, Cucun (2023) Peran Lembaga Amil Zakat (Harfa) dalam Pemberdayaan Masyarakat untuk Mewujudkan Program Desa Harapan (Studi pada Desa Sudimanik Kecamatan Cibaliung Kabupaten Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PMI_181530038_COVER.pdf

Download (189kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PMI_181530038_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (874kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PMI_181530038_BAB I.pdf

Download (359kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PMI_181530038_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (346kB)
[img] Teks
S_PMI_181530038_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (667kB)
[img] Teks
S_PMI_181530038_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (251kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PMI_181530038_BAB V.pdf

Download (90kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PMI_181530038_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (797kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Pemberdayaan masyarakat menjadi salah satu upaya alternatif dalam menghadapi permasalahan yang ada di masyarakat. Kegiatan ini dilakukan dengan mengembangkan potensi masyarakat pedesaan dengan mempertimbangkan berbagai aspek, kendala dan tantangannya. Oleh karena itu kelembagaan sosial LAZ Harfa melakukan pemberdayaan masyarakat melalui program desa harapan di desa sudimanik yang ada di kabupaten pandeglang. Titik fokus pemberdayaan ini adalah peningkatan kehidupan masyarakat dalam bidang kesehatan dan perekonomian guna mendorong perubahan yang bersumber dari kesadaran masyarakat. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu: 1) Apa saja program pemberdayaan Desa Harapan yang didampingi oleh Laz Harfa pada Desa Sudimanik Kecamatan Cibaliung Kabupaten Pandeglang?, 2) Bagaiman dampak program Desa Harapan yang didampingi oleh Laz-Harfa pada Desa Sudimanik Kecamatan Cibaliung Kabupaten Pandeglang?, 3) Faktor Pendukung dan Penghambat terhadap program Desa Harapan yang didampingi oleh Laz-Harfa pada Desa Sudimanik Kecamatan Cibaliung Kabupaten Pandeglang? Adapun tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui program-program Desa Harapan yang didampingi oleh Laz-Harfa pada Desa Sudimanik Kecamatan Cibaliung Kabupaten Pandeglang. 2) Untuk menjelaskan bagaiman dampak keberhasilan dari program Desa Harapan yang didampingi oleh Laz-Harfa pada Desa Sudimanik Kecamatan Cibaliung Kabupaten Pandeglang. 3) Untuk mengetahui Faktor Pendukung dan Penghambat terhadap program Desa Harapan yang didampingi oleh Laz-Harfa pada Desa Sudimanik Kecamatan Cibaliung Kabupaten Pandeglang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang mana hasil dari penelitian berbentuk data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan yang berasal dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Sedangkan pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil yang didapatkan pada penelitian ini yaitu, LAZ Harfa sebagai fasilitator untuk melakukan pendampingan di desa binaan melalui program desa harapan dalam mengatasi masalah secara bersama dan bekerja sama untuk menjadikan desa yang mandiri secara ekonomi dan kesehatan. Sehingga masyarakat bisa berfikir kreatif, menciptakan lapangan pekerjaan sendiri dan tidak bergantung kepada pihak yang lain.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Desa Dampingan, Pemberdayaan, Program Desa Harapan
Subjek: 2x6 Sosial dan budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam
Divisi: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 06 Apr 2023 04:22
Perubahan Terakhir: 25 Mar 2024 06:25
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11883

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.