Penafsiran Ayat-Ayat Cahaya dan Kegelapan (Studi atas Tafsir The Holy Qur’an: Text, Translation and Commentary)

Putri, Dwi Meliana (2023) Penafsiran Ayat-Ayat Cahaya dan Kegelapan (Studi atas Tafsir The Holy Qur’an: Text, Translation and Commentary). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_IAT_181320018_COVER.pdf

Download (178kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_IAT_181320018_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_IAT_181320018_BAB I.pdf

Download (324kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_IAT_181320018_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (480kB)
[img] Teks
S_IAT_181320018_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (566kB)
[img] Teks
S_IAT_181320018_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (450kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_IAT_181320018_BAB V.pdf

Download (151kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_IAT_181320018_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (148kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Kata cahaya di dalam al-Qur’an disebutkan dengan tiga istilah yaitu yaitu nūr, ḍau’ dan sirāj. Ḍau’ adalah sesuatu yang terpancar dari benda yang bercahaya. Kata ini di dalam al-Qur’an disebutkan sebanyak enam kali dalam bentuk yang berbeda-beda. Kata sirāj berarti baik, indah dan hiasan. Kata sirāj di dalam al-Qur’an disebutkan sebanyak empat kali hanya dalam bentuk tunggal. Kata nūr memiliki arti yaitu pancaran sinar cahaya yang bersumber dari yang lainnya. Kata nūr disebutkan sebanyak empat puluh sembilan kali di dalam al-Qur’an. Kata kegelapan di dalam bahasa Arab berasal dari akar kata ẓa-la-ma (م-ل-ظ (yang artinya gelap tetapi sering diartikan sebagai kiasan yaitu kebodohan, kefasikan, kemusyrikan. Kata kegelapan ini terulang sebanyak dua puluh empat kali di dalam al-Qur’an. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana konteks penggunaan ayat-ayat tentang cahaya dan kegelapan dalam al-Qur’an?; 2) Bagaimana penafsiran Abdullah Yusuf Ali terhadap ayat-ayat cahaya dan kegelapan dalam tafsir The Holy Qur’an: Text, Translations and Commentary ? Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif analitik yaitu metode yang digunakan untuk membahas suatu permasalahan dengan meneliti, mengolah data, menganalisis, menginterpretasikan hal yang ditulis dengan pembahasan yang teratur dan sistematis untuk mendapatkan makna dari data tersebut. Pada penelitian sebelumnya, belum ada yang membahas mengenai ayat-ayat mengenai cahaya dan kegelapan dalam perspektif Abdullah Yusuf Ali. Maka penulis akan berusaha untuk menganalisa penafsiran Abdullah Yusuf Ali dalam tafsir The Holy Qur’an: Text, Translation and Commentary mengenai ayat-ayat cahaya dan kegelapan. Kesimpulan dari skripsi ini menunjukkan bahwa penafsiran Abdullah Yusuf Ali atas ayat-ayat cahaya yaitu bahwa cahaya adalah wahyu sebagai perantara untuk mengenal Allah; cahaya Allah adalah agama Islam sebagi bukti kelemahan bagi orang bodoh; cahaya adalah iman dan amal kebaikan sebagai penerang kegelapan di hari kiamat; cahaya Allah bersifat sempurna, nyata, tak terbatas dan tak dapat dilukiskan; cahaya adalah Nabi sebagai pelita dengan agama yang disebarkannya. Sedangkan penafsiran Abdullah Yusuf Ali mengenai ayat-ayat tentang kegelapan yaitu kegelapan adalah sikap kemunafikan, keangkuhan, kejahatan yang dapat menghancurkan diri sendiri; kegelapan berarti kejahata yang akan dibalas dengan kejahatan yang serupa; dan kegelapan yang pekat adalah bernilai negatif yaitu gelombang gelombang nafsu yang membutakan manusia untuk menuhankan Allah.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Cahaya, Kegelapan, Abdullah Yusuf Ali
Subjek: 2x1 Al Quran dan ilmu yang terkait > 2x1.3 Tafsir Al-Quran
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Ilmu Alquran Dan Tafsir
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 05 Apr 2023 02:38
Perubahan Terakhir: 05 Apr 2023 02:38
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11866

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.