'Ibadur-Rahman Dalam Al-Qur'an (Studi Tafsir Al-Munir Karya Wahbah Az-Zuhaili)

Perdana, Muhamad Ridho (2023) 'Ibadur-Rahman Dalam Al-Qur'an (Studi Tafsir Al-Munir Karya Wahbah Az-Zuhaili). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_IAT_181320099_COVER.pdf

Download (197kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_IAT_181320099_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_IAT_181320099_BAB I.pdf

Download (652kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_IAT_181320099_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (177kB)
[img] Teks
S_IAT_181320099_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (892kB)
[img] Teks
S_IAT_181320099_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (720kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_IAT_181320099_BAB V.pdf

Download (117kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_IAT_181320099_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (145kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Islam merupakan agama yang menjunjung tinggi adab, akhlak, beserta moral, Islam sendiri sudah mengatur di dalam Al-Qur’an beserta Hadits bagaimana cara berperilaku, akan tetapi seiring berjalannya waktu dan berkembangnya zaman, iman, akhlak beserta moral sudah jauh merosot. Tingkah laku generasi milenial yang sudah tidak sesuai lagi dengan ajaran Al-Qur’an dan Hadits. Berdasarkan latar belakang diatas, maka rumusan masalah dalam skripsi adalah apa ciri-ciri Ibādurrahmān dalam Al-Qur’an? Bagaimana konsep ‘Ibādurrahmān menurut Wahbah Zuhaili?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana ciri-ciri ‘Ibādurraḥmān dalam Al-Qur’an serta Bagaimana konsep ‘Ibādurraḥmān menurut pandangan Wahbah Zuhaili. Penelitian ini merupakan penelitian (Library Research) yang menekankan sumber informasinya dari berbagai bahan kepustakaan, dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan cara mengumpulkan data-data yang berkaitan dengan pemikiran Wahbah Zuhaili. Sumber primer dalam penelitian ini adalah Tafsir Al-Munir. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ‘Ibādurraḥmān merupakan gambaran, cerminan, teladan sifat, sikap dan gagasan tentang seorang hamba Allah SWT yang Maha Pengasih, yang mempunyai kesempurnaan diri sebagai seorang hamba yang mulia. Ia merupakan cerminan dan hasil dari buah sifat Allah yang Rahman, sifat-sifat ‘Ibādur-raḥmān yaitu rendah hati (Tawadhu’), bijaksana (Al-Hakim), mendirikan shalat malam (Qiyam Al-Lail), menginfaqkan harta di jalan Allah, tauhid yang murni, menjauhi pembunuhan serta menghormati kehidupan, menjauhi zina, taubat nasuha, tidak bersaksi palsu serta meninggalkan perbuatan tidak bermanfaat, menerima nasihat, selalu mendo’akan kebaikan, dan menjadi pemimpin yang bertakwa, sifat-sifat ‘Ibādur-raḥmān mempunyai dampak positif baik dalam keluarga, masyarakat dan negara.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): ‘Ibādur-raḥmān, Al-Qur’an, Wahbah Zuhaili
Subjek: 2x1 Al Quran dan ilmu yang terkait > 2x1.3 Tafsir Al-Quran
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Ilmu Alquran Dan Tafsir
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 04 Apr 2023 08:10
Perubahan Terakhir: 04 Apr 2023 08:11
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11852

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.