Kecemasan Karier Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Ramanda, Peni and Komalasari, Dewi and Nurrasyidah, Miftahul (2022) Kecemasan Karier Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Laporan Proyek. Madani, Serang.

[img]
Pra Tinjau
Teks
LAPAK 301122 Print (OK).pdf

Download (2MB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini bertujuan: 1) Mendeskripsikan tingkat kecemasan karier mahasiswa FTK UIN SMH Banten tahun 2022. 2) Mendeskripsikan tingkat kecemasan karier mahasiswa FTK UIN SMH Banten tahun 2022 ditinjau dari jenis kelamin. 3) Mendeskripsikan upaya pelayanan bimbingan dan konseling untuk mengurangi kecemasan karier mahasiswa FTK UIN SMH Banten tahun 2022. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kuantitatif komparatif dengan membandingkan tingkat kecemasan karier mahasiswa FTK UIN SMH Banten berdasarkan jenis kelamin. Data dikumpulkan dengan Skala Kecemasan ii Karier Mahasiswa (SKKM) dan diolah dengan menggunakan independent sample t-test. Hasil penelitian mengungkapkan: (1) kecemasan karier mahasiswa FTK UIN SMH Banten pada tahun 2022 berada pada kategori sedang dengan rata-rata skor 46,23; (2) Mahasiswa lakilaki FTK UIN SMH Banten memiliki rata-rata tingkat kecemasan pada skor 49,25 dengan kategori sedang, hal ini lebih tinggi dibandingkan dengan kecemasan karier mahasiswa perempuan yang rata-rata skornya 43,80 dengan kategori sedang. Berdasarkan pengolahan data melalui independent sample t-test diketahui bahwa terdapat perbedaan secara signifikan antara kecemasan karier mahasiswa laki-laki dan perempuan di FTK UIN SMH Banten tahun 2022 dengan taraf signifikan 0,00; (4) Beberapa upaya yang dilakukan untuk mengurangi kecemasan karier mahasiswa FTK UIN SMH Banten sesuai dengan hasil Focus Group Discussion (FGD) adalah dengan memberikan pelayanan konseling karier baik berupa konseling kelompok ataupun konseling individual. Konseling karier tersebut dapat dikolaborasikan dengan teknik dan pendekatan konseling dengan merujuk pada teori karier yang sudah ditetapkan oleh para ahli selama ini. Selain itu, dalam upaya preventif, konselor dalam memberikan pelayanan bimbingan karier seperti bimbingan kelompok, bimbingan klasikal, layanan tidak langsung dan penggunaan metode islami.

Tipe Item/Data: Monografi (Laporan Proyek)
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: M.Pd Peni Ramanda
Tanggal Disetorkan: 06 Apr 2023 03:06
Perubahan Terakhir: 06 Apr 2023 03:06
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11834

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.