Tradisi Penetapan Mahar Perkawinan Dalam Adat Betawi Menurut Hukum Islam (Studi Kasus di Kelurahan Jurmudi Kecamatan Benda Kota Tangerang)

Imania, Dheia Yasyfy (2023) Tradisi Penetapan Mahar Perkawinan Dalam Adat Betawi Menurut Hukum Islam (Studi Kasus di Kelurahan Jurmudi Kecamatan Benda Kota Tangerang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HKI_171110032_COVER.pdf

Download (89kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HKI_171110032_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (398kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HKI_171110032_BAB I.pdf

Download (374kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_HKI_171110032_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (193kB)
[img] Teks
S_HKI_171110032_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (729kB)
[img] Teks
S_HKI_171110032_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (151kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HKI_171110032_BAB V.pdf

Download (152kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HKI_171110032_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (219kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Pernikahan adalah asas hidup yang paling utama dalam pergaulan atau embrio bangunan masyarakat yang sempurna. Pernikahan itu bukan saja merupakan satu jalan yang amat mulia untuk mengatur kehidupan rumah tangga dan keturunan. Dalam suatu akad pernikahan ada yang disyariatkan yaitu pemberian mahar.Mahar adalah pemberian seorang lelaki kepada wanita yang akan dinikahinya dan selanjutnya akan menjadi hak istri sepenuhnya. Suami tidak bisa mengusik sedikit pun, Justru ada permasalahan yang dapat dikatakan penting juga untuk diperhatikan yaitu permasalahan penetapan mahar perkawinan. Entah karena apa sebabnya. Penetapan mahar perkawinan dalam adat betawi memang bukan masalah yang baru terjadi, akan tetapi permasalahan ini sudah terjadi sejak lama dikalangan masyarakat yang mungkin belum terselesaikan. Berdasarkan latar belakang diatas perumusan dalam skipsi ini adalah 1) Apa saja faktor yang mempengaruhi terjadinya penetapan mahar perkawinan di Kelurahan Jurumudi Kecamatan Benda Kota Tangerang?, 2) Bagaimana tinjauan hukum islam terhadap tradisi penetapan mahar perkawinan dalam adat betawi di Kelurahan Jurumudi Kecamatan Benda Kota Tangerang? Tujuan penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui faktor penyebab apa saja yang mempengaruhi terjadinya penetapan mahar perkawinan di Kelurahan Jurumudi Kecamatan Benda Kota Tangerang. 2) Untuk mengetahui tinjauan hukum islam terhadap tradisi penetapan mahar perkawinan dalam adat betawi di Kelurahan Jurumudi Kecamatan Benda Kota Tangerang. Penelitian ini merupakan studi kasus dengan jenis penulisan menggunakan penelitian lapangan (field research) dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Yaitu metode yang menggambarkan dan menjelaskan keadaan sebenarnya yang terjadi dilapangan, data di peroleh dengan cara mengutif hal-hal yang perlu merujuk pada buku-buku, dan rujukan dengan cara observasi lapangan, melakukan wawancara dengan para pelaku penetapan mahar serta dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian 1) Praktik Penetapan Mahar Perkawinan di Kelurahan Jurumudi Kecamatan Benda Kota Tangerang yaitu bergantung pada permintaan pihak perempuan dalam menentukan mahar dan bergantung pada pekerjaan,status orang tua, pendidikan. 2) Praktik Penetapan Mahar Perkawinan di Kelurahan Jurumudi Kecamatan Benda Kota Tangerang Ditinjau dari Hukum Islam. Islam menyari’atkan untuk meringankan dan memudahkan mahar dan tidak berlebih-lebihan dalam memberi mahar. Pada dasarnya hukum mahar adalah wajib dan sesuai dengan kemampuan suami dan kesepakatan atau persetujuan istri.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.3 Hukum Perkawinan / Munakahat > 2x4.31 Nikah > 2x4.313 Mahar
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Keluarga
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 04 Apr 2023 02:05
Perubahan Terakhir: 04 Apr 2023 02:05
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11826

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.