Peran Modal dan Teknologi Terhadap Peningkatan Pendapatan Masyarakat Nelayan di Desa Panimbangjaya

Hasanah, Olyani (2023) Peran Modal dan Teknologi Terhadap Peningkatan Pendapatan Masyarakat Nelayan di Desa Panimbangjaya. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_EKIS_171410069_COVER.pdf

Download (68kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_ES_171410069_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (389kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_ES_171410069_BAB I.pdf

Download (182kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_ES_171410069_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (255kB)
[img] Teks
S_ES_171410069_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (336kB)
[img] Teks
S_ES_171410069_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (320kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_ES_171410069_BAB V.pdf

Download (12kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_ES_171410069_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (154kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Secara geografis Indonesia terletak di antara Samudera Pasifik dengan Samudera Hindia, posisi tersebut menyebabkan sebagian besar ikan di kedua samudera tersebut terdapat di perairan Indonesia. Secara normatif, seharusnya masyarakat pesisir merupakan masyarakat yang sejahtera mengingat besarnya potensi sumber daya alam pesisir dan laut. Namun kenyataan menunjukkan bahwa sebagian besar masyarakat pesisir, terutama nelayan masih merupakan bagian dari masyarakat yang tertinggal. Hal ini sangat kontradiktif jika dibandingkan dengan potensi sumber daya kelautan dan perikanan di Indonesia yang sangat berlimpah tetapi masyarakat pesisir yang menggantungkan hidupnya dari sektor kelautan hidup dalam kemiskinan. Rumusan masalah: 1) Bagaimana pengaruh modal terhadap peningkatan pendapatan masyarakat nelayan di Desa Panimbangjaya? 2) Bagaimana pengaruh teknologi terhadap peningkatan pendapatan masyarakat nelayan di Desa Panimbangjaya? 3) Bagaimana pengaruh modal dan teknologi terhadap peningkatan pendapatan masyarakat nelayan di Desa Panimbangjaya? Tujuan penelitian: 1) Untuk menganalisa pengaruh modal terhadap peningkatan pendapatan masyarakat nelayan di Desa Panimbangjaya. 2) Untuk menganalisa pengaruh teknologi terhadap peningkatan pendapatan masyarakat nelayan di Desa Panimbangjaya. 3) Untuk menganalisa pengaruh modal dan teknologi terhadap peningkatan pendapatan masyarakat nelayan di Desa Panimbangjaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, dengan jenis penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 187 sampel. Jenis data yang digunakan dalam penelitian adalah data primer. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan penyebaran kuesioner (angket). Teknik analisa data menggunakan uji keabsahan data yang terdiri dari uji validitas dan reliabilitas. Deskripsi statistik. Uji asumsi klasik, terdiri dari uji normalitas data, uji heterokedastisitas dan uji multikolinieritas. Uji hipotesis, terdiri dari regresi berganda, uji t (parsial), uji F, uji koefesien korelasi. Semua analisa data menggunakan aplikasi SPSS versi 23.00. Hasil penelitian menunjukan bahwa, 1) Modal berpengaruh signifikan terhadap pendapatan, dengan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05. Semakin meningkat modal yang digunakan, akan meningkatkan hasil tangkapan yang pada akhirnya dapat meningkatkan pendapatan nelayan. 2) Teknologi tidak berpengaruh signifikan terhadap pendapatan dengan nilai signifikansi lebih besar dari 0,05. Teknologi tidak memiliki peran penting, karena mayoritas nelayan masih menggunakan cara tradisional. 3) Secara simultan modal dan teknologi berpengaruh signifikan terhadap pendapatan, dengan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Modal, Teknologi, Pendapatan, Nelayan
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 330 Ekonomi > 331 Buruh ekonomi
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 31 Mar 2023 07:08
Perubahan Terakhir: 31 Mar 2023 07:08
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11806

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.