Penerapan Etika Bisnis Dalam Islam Terhadap Akad Murabahah Pada Praktik Berdagang Dan Berusaha Pedagang Kaki Lima (Pkl) Stadion Maulana Yusuf Kota Serang

Rahmadanto, Irpan (2023) Penerapan Etika Bisnis Dalam Islam Terhadap Akad Murabahah Pada Praktik Berdagang Dan Berusaha Pedagang Kaki Lima (Pkl) Stadion Maulana Yusuf Kota Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_171130097_COVER.pdf

Download (90kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_171130097_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_171130097_BAB I.pdf

Download (357kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_HES_171130097_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (170kB)
[img] Teks
S_HES_171130097_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (387kB)
[img] Teks
S_HES_171130097_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (337kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_171130097_BAB V.pdf

Download (8kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_171130097_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (142kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Dalam kajian Islam, bisnis bukanlah suatu hal yang asing bahkan kata bisnis sangat mudah dijumpai. Islam menempatkan bisnis sebagai cara terbaik untuk mendapatkan harta serta kesejahteraan. Oleh karena itu, bisnis harus dilakukan dengan cara terbaik dengan tidak melakukan kecurangan, riba, rekayasa harga maupun penimbunan barang. Pada era saat ini masih ditemukan para pedagang yang mengabaikan etika dalam menjalankan bisnisnya. Dan masih ditemukan yang melakukan penyimpangan dalam berdagang. Apakah pedagang tidak ingin melaksanakan etika ini secara murni sehingga mereka masih melanggar perjanjian, memanipulasi. Ataukah mereka kurang memahami etika bisnis Islam yang sebenarnya. Ataukah memang mereka paham, tapi tidak mau melaksanakannya. Berdasarkan hal tersebut penulis tertarik meneliti pembahasan ini dengan Penerapan Etika Bisnis dalam Islam terhadap Akad Murabahah pada Praktik Berdagang dan Berusaha Pedagang Kaki Lima (PKL) Stadion Maulana Yusuf Kota Serang. Berdasarkan latar belakang di atas perumusan penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Penerapan Etika Bisnis terhadap Akad Murabahah pada Praktik Berdagang dan Berusaha Pedagang Kaki Lima (Pkl) Stadion Maulana Yusuf kota Serang? Dan 2) Bagaimana Penerapan Etika Bisnis dalam Islam terhadap Akad Murabahah pada Praktik Berdagang dan Berusaha Pedagang Kaki Lima (Pkl) Stadion Maulana Yusuf Kota Serang? Berdasarkan uraian latar belakang masalah dan rumusan masalah penelitian diatas. Maka tujuan dari penelitian ini adalah? 1)Untuk memaparkan tentang Penerapan Etika Bisnis dalam Islam terhadap Akad Murabahah pada Praktik Berdagang dan Berusaha Pedagang Kaki Lima (Pkl) Stadion Maulana Yusuf Kota Serang. dan 2)Untuk mengetahui penerapan etika bisnis dalam islam terhadap akad murabahah pada praktik berdagang dan berusaha para pedagang kaki lima (PKL) di Stadion Maulana Yusuf kota Serang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian lapangan (field research). Penelitian lapangan merupakan salah satu pengumpulan data dalam penelitian kualitatif yang tidak memerlukan pengetahuan mendalam akan literatur yang digunakan dan kemampuan tertentu dari pihak peneliti. Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa Penerapan Etika Bisnis dalam Islam terhadap Akad Murabahah pada Praktik Berdagang dan Berusaha Pedagang Kaki Lima (PKL) Stadion Maulana Yusuf Kota Serang, di mana perilaku pedagang kaki lima yang menerapkan prinsip etika bisnis dalam Islam. Namun berdasarkan faktanya, masih banyak pelanggaran etika dalam melaksanakan bisnis, sehingga menimbulkan spekulasi bagi pelaku bisnis dalam hal ini adalah pedagang yang ada di stadion Maulana Yusuf kota Serang terkait tentang penerapan etika bisnis Islam. masalah dalam persaingan, persaingan yang sempurna adalah persaingan yang sesuai dengan kesepakatan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.2 Muamalah > 2x4.21 Jual beli
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 30 Mar 2023 06:38
Perubahan Terakhir: 30 Mar 2023 06:38
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11778

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.