Inovasi Digital Berbasis Teknologi dalam Upaya Mengedukasi Masyarakat Mengenai Pengetahuan dan Praktik Bertani Melalui Aplikasi iTani di Lingkungan Padukan Kelurahan Sayar Kecamatan Taktakan Kota Serang

Saputra, Ipan (2023) Inovasi Digital Berbasis Teknologi dalam Upaya Mengedukasi Masyarakat Mengenai Pengetahuan dan Praktik Bertani Melalui Aplikasi iTani di Lingkungan Padukan Kelurahan Sayar Kecamatan Taktakan Kota Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PMI_191530095_COVER.pdf

Download (62kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PMI_191530095_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (434kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PMI_191530095_BAB I.pdf

Download (305kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PMI_191530095_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (248kB)
[img] Teks
S_PMI_191530095_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (278kB)
[img] Teks
S_PMI_191530095_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (545kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PMI_191530095_BAB V.pdf

Download (30kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PMI_191530095_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (129kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tulisan ini mengkaji tentang pemberdayaan masyarakat berbasis Aplikasi iTani dalam upaya mengedukasi masyarakat mengenai pengetahuan dan praktik bertani. Pada tulisan ini dipaparkan berbagai tujuan yaitu mengedukasi subjek dampingan melalui sosialisasi Aplikasi iTani untuk meningkatkan pengetahuan dan praktik bertani di Lingkungan Padukan. Kemudian, memberikan pendampingan penggunaan Aplikasi iTani pada subjek dampingan di Lingkungan Padukan. Pada pemberdayaan masyarakat ini, peneliti menggunakan metode Participatory Learning Action (PLA) yang merupakan suatu pendekatan proses belajar dan berinteraksi dengan komunitas atau masyarakat. Pendekatan PLA menggabungkan lebih dari satu metode partisipatif untuk memfasilitasi proses pembelajaran di lingkungan masyarakat. Berdasarkan pada pemaparan di atas, maka keluaran dari penelitian yang telah dilakukan yaitu: 1). Peningkatan pengetahuan bertani pada subjek dampingan di Lingkungan Padukan berbasis teknologi Aplikasi iTani, 2). Peningkatan praktik bertani pada subjek dampingan di Lingkungan Padukan berbasis teknologi Aplikasi iTani, 3). Subjek dampingan mampu melek secara digital mengenai pemanfaatan teknologi bidang pertanian. Dari hasil pendampingan ini dapat diambil bahwasanya Aplikasi iTani memiliki peranan yang besar dalam menyampaikan pesan-pesan dan informasi wawasan dalam memengaruhi masyarakat di Lingkungan Padukan untuk menambah wawasan mengenai proses pertanian hidroponik, serta praktik dalam menanam hidroponik kangkung melalui Aplikasi iTani. Lebih dari itu, aplikasi ini juga di samping sebagai media inovasi, juga merupakan media yang ampuh untuk mempromosikan sektor pengembangan serta pemanfaatan teknologi yang positif di lingkungan masyarakat. Namun perlu dicermati bahwasanya diperlukan suatu bentuk peningkatan dalam ranah pemanfaatan teknologi, tidak hanya sekadar aplikasi dalam peningkatan kapasitas masyarakat dalam bidang pertanian, melainkan harus ada juga inovasi lainnya dalam menangani isu-isu yang ada, agar permasalahan sosial yang kerap terjadi di masyarakat dapat diminimalisir.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Aplikasi iTani, Hidroponik, dan Pendampingan
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 307 Masyarakat
Divisi: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 28 Mar 2023 08:00
Perubahan Terakhir: 25 Mar 2024 06:23
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11746

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.