Analisis Isi Pesan Komunikasi Politik dalam Buku Menjerat Gus Dur Karya Virdika Rizky Utama

Khoirudin, Ahmad (2023) Analisis Isi Pesan Komunikasi Politik dalam Buku Menjerat Gus Dur Karya Virdika Rizky Utama. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_61330011_Cover.pdf

Download (14kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_61330011_Lampiran Depan.pdf

Download (643kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_61330011_BAB I.pdf

Download (415kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_KPI_61330011_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (487kB)
[img] Teks
S_KPI_61330011_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (413kB)
[img] Teks
S_KPI_61330011_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (368kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_61330011_BAB V.pdf

Download (7kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_61330011_Daftar Pustaka.pdf

Download (222kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini di latar belakangi dengan sebuah karya, penulis menciptakan tulisannya menjadi gambaran beragam latar belakang sosial yang sedang terjadi atau sudah terjadi. Penulis mengungkapkan reaksi dan tanggapan bagaimana sebuah kelompok masyarakat sosial berkompetisi untuk tampil terhadap ideologi masing-masing, menegakkan keadilan, mengusir penyalah gunaan kekuasaan yang dikenal sebagai rutinitas dan realitas sosial dari sejak dahulu sampai saat kini, dan lain-lain dalam karyanya. Pentingnya sebuah karya tersebut tidak mungkin bila hanya melihat dan berpusat pada penelitian sejauh semantik dan komponen-komponen yang mendasarinya saja. Bila menganalisis berdasar kakajian mendasarnya saja, maka hanya mengamati yang hanya terpaku pada bahasa sebagai ucapan saja sehingga memposisikan karya sastra sebagai dunia yang independen. Berdasarkan latar belakang diatas, perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana kategorisasi pesan komunikasi politik yang terkandung dalam buku menjerat gusdur karya virdika rizky utama? 2. Bagaimana isi pesan komunikasi politik yang terdapat dalam buku menjerat gusdur karya virdika rizky utama? Tujuan yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah: 1. Mengetahui kategori sasi isi pesan politik yang ada dalam buku menjerat gusdur karya virdika rizky utama. 2. Mengetahui isi pesan komunikasi politik yang terkandung dalam buku menjerat gusdur karya virdika rizky utama. Metode dalam penelitian ini adalah menggunakan metode analisis Kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yakni data-data yang diperoleh dituangkan dalam bentuk kata-kata yang di deskripsikan sehingga dapat memberikan kejelasan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan membaca secara komprehensif, mengindentifikasi data, dan mengkoding. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah data unitizing, data sampling, data coding, data reducing dan narrating atau penarasian. Hasil Penelitian dan kesimpulan 1.Kategorisasi pesan komunikasi politik yang terkandung dalam buku Menjerat Gus Dur yakni membahas tentang jenis komunikasi politik dalam penelitian ini peneliti menemukan dua kategorisasi pesan komunkasi politik yang ada dalam buku menjerat Gus Dur karya Virdika Rizky Utama yakni retorika dan propagandan yang terjadi pada era kekuasaan Gus Dur berlangsung. 2. Isi pesan politik yang terkandung dalam buku Menjerat Gus Dur yakni membahas tentang apa yang berkembang menyangkut tentang kekuasaan, autoritas, pengaruh, dan konflik. Yang terjadi pada era kekuasaan Gus Dur berlangsung. Pesan politik yang peneliti selidiki mendapatkan hasil bahwa dalam pesan politik terdapat beberapa ragam yang berkaitan tentang kepentingan politik yang diantarannya membahas tentang pembicaraan pengaruh, pembicaraan kekuasaan dan pembicaraan otoritas.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Analisis Isi, Komunikasi Politik, Pesan
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 320 Ilmu politik > 321 Sistem pemerintah & negara
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 27 Mar 2023 06:32
Perubahan Terakhir: 01 Apr 2024 02:31
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11729

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.