Metode Dakwah dalam Pembinaan Akhlak Santri di Pondok Pesantren Daarul Huffazh Banten (Studi Deskriptif Di Kampung Tegal Amba, Desa Gunung Sari, Kecamtan Gunung Sari Serang Banten)

Fatmawati, Rista (2023) Metode Dakwah dalam Pembinaan Akhlak Santri di Pondok Pesantren Daarul Huffazh Banten (Studi Deskriptif Di Kampung Tegal Amba, Desa Gunung Sari, Kecamtan Gunung Sari Serang Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_181510119_COVER.pdf

Download (122kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_181510119_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (929kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_181510119_BAB I.pdf

Download (240kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_KPI_181510119_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (431kB)
[img] Teks
S_KPI_181510119_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (166kB)
[img] Teks
S_KPI_181510119_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (380kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_181510119_BAB V.pdf

Download (199kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_181510119_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (224kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Metode dakwah pada praktiknya memerlukan penjabaran dan penerapan yang lebih luas, di tengah kondisi krisis akhlak pada pelajar saat ini diperlukan sebuah metode yang tepat dalam membina akhlak pelajar. Pendidikan melalui pondok pesantren menjadi pilihan yang perlu dikaji dan dijadikan contoh pelaksanaannya dalam pembinaan akhlak santri. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana metode dakwah al hikmah yang diterapkan di Pondok Pesantren Daarul Huffaazh Banten dalam pembinaan akhlak santri? 2) Bagaimana metode dakwah al mau’izhatul al hasanah yang diterapkan di Pondok Pesantren Daarul Huffaazh Banten dalam pembinaan akhlak santri? 3) Bagaimana metode dakwah al mujadalah billati hiya ahsan yang di terapkan di Pondok Pesantren Daarul Huffaazh Banten dalam pembinaan akhlak santri? Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui metode dakwah al hikmah yang diterapkan di pondok pesantren Daarul Huffaazh Banten dalam pembinaan akhlak santri 2) Untuk mengetahui metode dakwah al mau’izah al hasanah yang diterapkan di pondok pesantren Daarul Huffaazh Banten dalam pembinaan akhlak santri 3) Untuk mengetahui metode dakwah al mujadalah billati hiya ahsan yang di terapkan di pondok pesantren Daarul Huffaazh Banten dalam pembinaan akhlak santri Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan mengembangkan data deskrptif digunakan untuk mendapatkan gambaran dari permasalahan dengan turun langsung kelapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April, Juni dan November 2022, dengan jumlah reponden dalam penelitian ini adalah enam orang. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan: 1) Metode dakwah al hikmah yang diterapkan di pondok pesantren Daarul Huffaazh banten dalam pembinaan akhlak santri menggunakan bentuk metode tarbiyah yaitu pembiasaan ibadah santri dan melatih kepemimpinan santri melalui organisasi internal pondok. 2) Metode mau’izhatul al hasanah yang diterapkan di pondok pesantren Daarul Huffaazh Banten dalam pembinaan akhlak santri yaitu menggunakan metode nasihat yang berbentuk ceramah agama dan nasihat melalui tulisan ber isi pesan dakwah 3) Metode dakwah al mujadalah billati hiya ahsan yang diterapkan di Pondok Pesantren Daarul Huffazh Banten dalam pembinaan akhlak santri yaitu menggunakan metode diskusi, tanya jawab dan berargumen melalui proses pembelajaran.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Metode Dakwah, Akhlak, Santri
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.2 Da’wah Islam > 2x7.24 Alat da’wah termasuk metode; dana dan media
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 27 Mar 2023 02:49
Perubahan Terakhir: 28 Mar 2024 07:42
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11721

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.