Penggunaan Model Pembelajaran Problem Posing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Mengubah Bentuk Pecahan

Husniah, Nia and Saefurohman, Asep (2016) Penggunaan Model Pembelajaran Problem Posing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Mengubah Bentuk Pecahan. PRIMARY, Vol.8.

[img]
Pra Tinjau
Teks
Penggunaan Model Pembelajaran Problem Posing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Mengubah Bentuk Pecahan.pdf

Download (412kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Matematika adalah ilmu pengetahuan pasti (eksakta) yang berhubungan dengan bilangan yang bersifat abstrak. Sebagian besar siswa menganggap matematika itu mata pelajaran yang sulit dan minat siswa terhadap matematika masih kurang. Oleh karena itu, dalam proses pembelajaran matematika baik guru atau pun siswa banyak mengalami kesulitan yang mengakibatkan hasil belajar siswa masih rendah. Untuk mengatasi permasalahan yang terjadi di beberapa SD terutama materi mengubah bentuk pecahan, peneliti menggunakan model pembelajaran problem posing untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis dan Taggart yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I nilai rata-rata mencapai 66,67% dengan persentase ketuntasan 69,69%, dan siklus II nilai rata-rata mencapai 70,91 dengan persentase ketuntasan 81,81%. Hal ini membuktikan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Posing pada mata pelajaran matematika pokok bahasan mengubah bentuk pecahan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Tipe Item/Data: Artikel
Kata Kunci (keywords): Model Problem Posing, hasil belajar dan PTK
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 21 Mar 2023 10:58
Perubahan Terakhir: 21 Mar 2023 10:58
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11715

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.